19 Februari, China Berlakukan Aturan untuk Perusahaan Cryptocurrency dan Blockchain

2019-01-11 18:11:36

KoinRocket - Badan yang mengatur internet di Tiongkok, Cyberspace Administration of China (CAC) kabarnya tengah bersiap untuk menerbitkan aturan mengenai perusahaan cryptocurrency dan blockchain pada pertengahan bulan depan.

Sebagaimana laporan yang dirangkum dari CCN, Jumat (11/01/2019), aturan tersebut akan berlaku secara efektif mulai 19 Februari 2018, berisi serangkaian panduan yang wajib diikuti oleh perusahaan-perusahaan blockchain.

Rencana penerbitan aturan tersebut hadir menyusul CAC telah menyelesaikan peninjauan terhadap regulasi mengenai manajemen layanan informasi blockchain. Regulasi ini juga sudah disetujui oleh Kantor Informasi Internet Dewan Negara.

“Peraturan tentang Manajemen Layanan Informasi Blockchain telah ditinjau dan disetujui oleh Kantor Kantor Informasi Internet Dewan Negara dan dengan in diundangkan dan akan diimplementasikan pada 15 Februari 2019,” kata CAC.

Dalam draf terakhir aturan tersebut, Kantor Informasi Internet Negara disebutkan bertanggung jawab atas regulasi blockchain di tingkat nasional, terlepas dari otoritas khusus negara bagian atau provinsi yang mengawasi regulasi di masing-masing negara.

Beberapa perubahan yang ada dalam aturan tersebut seperti perusahaan harus mencatat aktivitas pengguna, menjaga pencadangan setidaknya selama enam bulan. Data yang direkam harus diserahkan kepada pihak berwenang saat diminta.

Selain itu, peraturan mengharuskan perusahaan untuk memverifikasi pengguna berdasarkan identitas nasional dan nomor telepon mereka. Sementara itu, pihak berwenang di bawah pemerintah pusat akan melakukan inspeksi berkala.

Source: CCN.com

Foto: Unhashed.com