Bank Sentral Afrika Selatan Enggan Sebut Bitcoin sebagai Mata Uang

2019-01-23 14:14:22

KoinRocket - Ada kabar kurang menggembirakan untuk para pengguna cryptocurrency di Afrika Selatan. Pasalnya, Bitcoin dan cryptocurrency lainnya tidak mendapatkan pengakuan sebagai mata uang di sana.

Pandangan pemerintah Afsel tertuang dalam hasil laporan konsultasinya berjudul “Consultation Paper on Policy Proposals for Crypto Assets,” yang dirilis oleh South African Reserve Bank (SARB) atau bank sentrak Afsel belum lama ini.  

Dalam laporan tersebut sebagaimana dilansir Cryptoslate, Rabu (23/01/2019), SARB membahas rekomendasi dan pedoman peraturan untuk aset kripto dan bisnis yang menggunakan aset ini.

Laporan Konsultasi utamanya menyebutkan bahwa bank sentral Afsel tidak ingin memperlakukan Bitcoin dan cryptocurrency lainnya seperti "mata uang,” melainkan melabelnya sebagai "aset kripto."

Bahkan untuk diketahui, emas, perak, dan platinum juga tidak memiliki status tender yang sah di negara tersebut. Jadi, label tersebut mungkin tidak memiliki bobot sebanyak yang mungkin diduga oleh penganjur kripto.

Beda dari negara lain, misalnya Amerika Serikat yang terkadang mengklasifikan Bitcoin dan Ether sebagai komoditas. Setidaknya hal itu dilakukan untuk pajak dan beberapa tujuan perdagangan daripada sebagai mata uang asing.

SARB merekomendaskikan agar bisnis terkait kripto, termasuk platform perdagangan, layanan jual dan beli kripto, ATM kripto, layanan dompet, dan pedagang yang menerima cryptocurrency, mendaftar ke Financial Intelligence Center.

Kendati begitu, SARB mengatakan bahwa mereka bersedia untuk mengubah undang-undang ketika industri berkembang, daripada menunggu industri untuk mengembangkan dan kemudian menerapkan aturan secara surut.

Terakhir, SARB menyatakan tidak akan memandang industri aset kripto sebagai industri yang "besar" sampai nilai kapitalisasi pasarnya mencapai $1 triliun.

Pemerintah dan bank sentral Afrika Selatan sendiri cukup terbuka terhadap teknologi blockchain dan cryptocurrency. Sejak 2017, negara ini telah menguji peraturan di lingkungan pengujian (sandbox).

Penerbitan laporan konsultasinya disebutkan merupakan langkah selanjutnya yang diambil bank sentral dalam proses untuk menetapkan kejelasan hukum untuk cryptocurrency di Afrika Selatan.

Source: Cryptoslate.com

Foto: Cape Town/Istimewa