Chile Siapkan Rancangan Regulasi Cryptocurrency

2019-04-22 14:45:50

KoinRocket - Chile akhirnya bakal mengikuti banyak negara lain yang sudah mengatur cryptocurrency. Pemerintah negara tersebut berencana mengajukan rancangan regulasi mengenai cryptocurrency kepada kongres.

Rencana tersebut diungkapkan oleh Menteri Keuangan Chile, Felipe Larraín dalam lawatannya baru-baru ini ke Amerika Serikat.

Sebagaimana dikutip Cointelegraph, Senin (22/4/2019), Felipe Larraín mengatakan bahwa persyaratan yang ada dalam regulasi cryptocurrency baru tersebut akan proporsional dengan bisnis.

Secara spesifik, regulasi tersebut akan memperhitungkan bahwa berbagai perusahaan memiliki model bisnis dan memberikan layanan yang berbeda. Implikasinya adalah adanya risiko yang berbeda untuk pengguna dan pasar keuangan.

Mengutip media lokal Ahora Noticias, fleksibilitas disebutkan merupakan salah satu aspek terpenting dari rancangan regulasi tersebut. Pasalnya, laju kemajuan teknologi sangat besar.

Di samping itu, Felipe Larraín memperingatkan masayarkat soal risiko investasi semacam ini.

“Regulasi platform ini akan memitigasi beberapa risiko, seperti pencucian uang dan pendanaan teroris, dan meningkatkan kepastian hukum di mana mereka beroperasi” katanya. “Kami ingin melindungi secara memadai terhadap risiko yang terkait dengan kegiatan semacam ini.”

Chili sendiri adalah salah satu negara di mana banyak bursa mata uang digital belum diatur secara resmi. Meski begitu, pengadilan anti-monopoli Chile telah kembali memberikan perlindungan kepada bursa mata uang kripto lokal dengan memaksa bank untuk menjaga rekeningnya tetap terbuka.

Sebelumnya, Bank Sentral Chile menyatakan cryptocurrency tidak dapat menggantikan uang tradisional. Dengan adanya rencana tersebut, cryptocurrency kemungkinan dapat diterima sebagai pembayaran ke depannya.

Source: Cointelegraph.com

Foto: Cryptonewz.com

Penulis/Editor: Andri Alfansyah