China Kategorikan Penambangan Bitcoin sebagai Industri Tidak Diinginkan

2019-04-09 17:47:50

KoinRocket - Komisi Pengembangan dan Reformasi Nasional (NDRC) China mempublikasikan draf proposal yang isinya merupakan revisi terhadap Katalog untuk Memandu Restrukturisasi Industri.

Katalog tersebut mencantumkan kegiatan industri yang disarankan oleh agensi untuk didorong, dibatasi, dan dihentikan tersebut dan kini menyasar penambangan cryptocurrency. 

Dalam revisinya sebagaimana diwartakan Coindesk, Selasa (9/4/2019), katalog tersebut mengkategorikan penambangan Bitcoin sebagai sektor industri yang tidak diinginkan.

Oleh karena itu, penambangan Bitcoin harus dihentikan dalam pengembangan masa depan negara tersebut, bersama dengan daftar sektor lain yang memiliki produktivitas rendah dan usang atau mengakibatkan polusi berat.

NDRC sendiri adalah badan pemerintah pusat Tiongkok yang bertanggung jawab untuk merumuskan kebijakan ekonomi makro. Terkait penambangan Bitcoin, mereka merekomendasikan pemerintah untuk menghilangkan sektor tersebut.

Badan yang didirikan pada 1998 tersebut memberikan kesempatan kepada publik untuk memberikan masukan revisi katalog yang diusulkan hingga 7 Mei mendatang. Setelah rampung, mereka akan memberlakukannya.

Namun begitu, revisi katalog tentunya harus melihat dampaknya pada penambangan Bitcoin di China. Ini mengingat katalog itu sendiri berfungsi sebagai arahan umum untuk pengembangan di masa depan.

Apalagi, China adalah negara asal beberapa produsen peralatan dan operasi penambangan cryptocurrency terbesar di dunia, seperti Bitmain dan lainnya. Rencananya, lebih dari 1 juta mesin penambangan cryptocurrency diperkirakan beroperasi di wilayah barat daya negara tersebut.

Source: Coindesk.com

Foto: Pinterest

Penulis/Editor: Andri Alfansyah