India dalam Tahap Akhir Selesaikan Kerangka Regulasi Cryptocurrency

2019-01-29 13:05:42

KoinRocket - Mengikuti negara-negara lain yang mengadopsi cryptocurency dan menerbitkan regulasinya, India ternyata sedang dalam proses mengerjakan penyusunan kerangka regulasi tentang mata uang digital tersebut.

Dikutip Cryptoglobe dari Coin Crunch India, Selasa (29/01/2019), sekretaris departemen urusan ekonomi India, Subhash Chandra Garg mengatakan pedoman regulasi untuk aset kripto sedang disiapkan komite antar kementerian (IMC).

IMC dalam laporan itu disebutkan sedang dalam tahap penyelesaian kerangka regulasi mengenai cryptocurrency. Ini berdasarkan Hak terhadap Informasi (RTI) yang diajukan Coin Crunch kepada Departemen Urusan Ekonomi India pada 13 Desember lalu.

Dalam hak terhadap informasi tersebut, sumber yang sama meminta klarifikasi apakah Kementerian Keuangan India sudah meninjau kerangka kerja regulasi cryptocurrency tersebut.

Selain itu mereka juga menanyakan apakah Departemen Urusan Ekonomi merekomendasikan untuk melarang Bitcoin atau cryptocurrency lainnya sebagai alat bayar sah. Serta, mereka meminta salinan laporan kerangka kerja regulasi tersebut.

Menteri Keuangan India pun akhirnya memberikan tanggapan resminya. Mereka menginformasikan bahwa kerangka kerja regulasi cryptocurrency sedang dalam proses penyelesaian akhir.

“Laporan komite sedang dalam tahap finalisasi, karenanya, dilarang berdasarkan bagian 8 (3) UU RTI, 2005.”

Pada akhir tahun lalu, IMC mendapatkan tugas untuk mengadakan penelitian mengenai semua aspek cryptocurrency dan aset kripto termasuk Bitcoin di samping mengembangkan kerangka kerja regulasinya.

Source: Cryptoglobe.com