Komisaris SEC: Pasar Cryptocurrency Harus Regulasi Sendiri Saat Memungkinkan

2019-03-12 17:09:14

KoinRocket - Menurut petinggi Komisi Bursa dan Sekuritas Amerika Serikat (SEC), pasar cryptocurrency harus mampu meregulasi dirinya sendiri saat hal tersebut memang memungkinkan.

Komisaris SEC Hester M. Peirce menyampaikan hal tersebut saat menanggapi pernyataan Ketua Komisi Perdagangan Berjangka Komoditi Gary Gensler di acara MIT Bitcoin Expo 2019.

 “Satu hal yang sangat penting untuk diingat adalah bahwa orang-orang mengatur satu sama lain dalam interaksi mereka satu sama lain, dan itulah tujuan keseluruhan dari ide Bitcoin, yaitu akan menjadi komunitas yang akan dapat mengatur dirinya sendiri,” seperti ikutip Cointelegraph, Selasa (12/3/2019),

“Ketika masalah muncul, orang-orang di komunitas itu berpikir tentang cara menangani masalah itu. Salah satu model adalah memiliki regulator pemerintah, tetapi saya tidak berpikir itu satu-satunya model."

Gensler sebelumnya menyatakan bahwa kerangka regulasi tidak hanya mencakup platform perdagangan yang menawarkan token sekuritas atau instrumen investasi yang kompleks, tetapi juga yang mencantumkan komoditas seperti Bitcoin.

Peirce menekankan status quo, di mana negara memiliki kewajiban menurut undang-undang untuk menegakkan undang-undang pengiriman uang berdasarkan Undang-Undang Kerahasiaan Bank.

Meski begitu, negara disebutkan tetap dapat mengatur aspek pasar cryptocurrency dengan derajat yang berbeda secara signifikan.

“Itulah model pengaturan yang kami pilih. Saya pikir, sekali lagi, pasar-pasar ini dapat mengatur diri mereka sendiri jika kita hidup di dunia di mana kita mengizinkannya,” tegasnya.

Peirce sendiri menganjurkan adanya sentuhan peraturan yang lebih ringan bila memungkinkan. Penawaran sekuritas harus mematuhi persyaratan registrasi SEC, dan mendukung upaya berkelanjutan oleh platform perdagangan crypto besar.

Source: Cointelegraph.com

Foto: BitcoinExchangeGuide.com