Komisi Eropa Mulai Investigasi Facebook Libra

2019-08-22 12:08:54

KoinRocket.id - Uni Eropa dikabarkan telah memberikan tugas kepada Komisi Eropa untuk melakukan penyelidikan terkait proyek cryptocurrency Libra milik Facebook. Mata uang digital ini direncanakan hadir pada tahun depan.

Sebagaimana dilansir dari Bloomberg, Kamis (22/8/2019), Komisi Eropa dalam dokumennya saat sedang menyelidiki kemungkinan praktik anti-persaingan usaha terkait dengan Asosiasi Libra.

Penyelidikan yang dilakukan Komisi Eropa terhadap Facebook Libra hadir di tengah kekhawatiran bahwa sistem pembayaran baru ini akan secara tidak adil menyingkirkan saingan.

Para pejabat Komisi Eropa khawatir Libra dapat menciptakan pembatasan kompetisi pada informasi yang akan dipertukarkan dan penggunaan data konsumen. Ini mengingat hal tersebut merupakan bagian standar dari penyelidikan UE tahap awal dalam mengumpulkan informasi.

Penyelidikan terhadap Libra menambah penyelidikan lain yang dilakukan UE tentang bagaimana Facebook dapat menggunakan kekuatannya secara tidak adil untuk menekan aplikasi pesaing.

Baik Facebook dan Komisi Eropa enggan memberikan komentarnya terkait penyelidikan tersebut. Namun jejaring sosial terbesar di dunia milik Mark Zuckerberg tersebut telah berjanji untuk menenangkan semua regulator sebelum meluncurkan Libra.

Selain itu, regulator juga disebutkan memeriksa kemungkinan integrasi aplikasi yang didukung Libra ke dalam layanan Facebook seperti WhatsApp dan Messenger. Investigasi mereka difokuskan pada struktur pemerintahan dan keanggotaan Asosiasi Libra.


Source: Bloomberg.com

Foto: Shutterstock

Penulis/Editor: Andri Alfansyah