Malaysia Siap Terbitkan Regulasi Cryptocurrency Awal 2019

2018-11-29 15:05:14

KoinRocket - Sepertinya Indonesia bakal ketinggalan selangkah lebih maju lagi dari Malaysia dalam hal pengadopsian cryptocurrency dan teknologi blockchain. Pasalnya pemerintah negara tersebut rencananya akan segera memiliki regulasinya mulai tahun depan.

Menteri Keuangan Malaysia Lim Guan Eng mengkonfirmasi bahwa pemerintah Malaysia akan menerbitkan dan memberlakukan kerangka regulasi aset digital yang meliputi bursa cryptocurrency dan Initial Coin Offering (ICO) mulai kuartal pertama 2019.

Sebagaimana dilansir dari Bitcoinnews, Kamis (29/11/2018), Lim Guan Eng mengatakan bahwa minat investor merupakan prioritas dan perlu dilindungi.

“Sementara beberapa pihak mungkin masih skeptis terhadap ranah cryptocurrency, tidak diragukan lagi bahwa kita perlu regulasi yang tepat untuk diberlakukan dan ditegakkan untuk melindungi kepentingan investor.”

Regulasi tersebut disebutkan merupakan adalah bagian dari upaya Komisi Sekuritas untuk mempromosikan gagasan opsi pendanaan untuk bisnis dan munculnya kelas aset digital investasi baru.

Pemerintah juga disebutkan gebrakan baru melalui dana investasi bersama dalam pembiayaan alternatif seperti equity crowdfunding (ECF) dan platform pembiayaan peer-to-peer (P2P).

Sejauh ini, perkembangan blockchain baru-baru ini di Malaysia termasuk sektor pendidikannya mempertimbangkan solusi blockchain dalam memerangi penipuan tingkat. Namun, tampaknya kasus Harapan Coin, proyek berspekulasi untuk menjadi cryptocurrency terpusat di Malaysia, belum mendapatkan dukungan yang signifikan.

Rencana Malaysia untuik menerbitkan regulasi cryptocurrency hadir menyusul adanya desakan dari sejumlah kalangan di Malaysia untuk meluncurkan proyek cryptocurrency bernama Harapan Coin. Serta, pengadopsian teknologi blockhain di sektor pendidikan untuk memerangi penipuan ijazah.

Source: Bitcoinnews.com

Foto: Tripsavvy.com