Ripple Dapat Kejelasan Regulasi dari Otoritas Keuangan Inggris

2019-08-14 13:56:53

KoinRocket.id - Perusahaan blockchain dan cryptocurrency terkemuka Ripple akhirnya mendapatkan kejelasan regulasi dari otoritas keuangan Inggris, Financial Conduct Authority.

Dalam klasifikasi baru yang diumumkan FCA sebagaimana dilansir NewsBTC, Rabu (14/8/2019), Ripple diklasifikan sebagai token pertukaran atau utilitas, bukan token sekuritas yang dianggap memberatkan.

Dengan klasifikasi ini, Ripple mendapatkan status yang sama seperti cryptocurrency besar lain yaitu Bitcoin dan Ethereum, yang sudah lebih dahulu mendapatkan kejelasan.

Informasi ini sendiri diungkapkan Kepala Hubungan Pemerintah Global Ripple Michelle Bond mengatakan bahwa FCA telah mengklasifikasikan Ripple sebagai token pertukaran atau utilitas.

Dengan adanya kejelasan regulasi ini secara otomatis menghilangkan cap bawha Ripple merupakan token keamanan. Apabila Ripple dicap sebagai token sekuritas, maka bakal ada pengawasan tambahan yang memberatkan.

FCA menyebutkan, XRP memiliki fitur yang serupa seperti digunakan sebagai sarana pembayaran (token pertukaran) atau menjalankan aplikasi (token utilitas) seperti Bitcoin.

Sekadar informasi, FCA adalah regulator pasar keuangan yang didirikan pada 2013. Otoritas ini beroperasi secara independen dari pemerintah Inggris dan sebagai gantinya didanai oleh biaya yang dihasilkan dari sekitar 58.000 perusahaan keuangan yang diaturnya.

Tugas otoritas ini meliputi pembuatan pedoman yang beroperasi di bawah pasar dan perusahaan keuangan, pengawasan terhadap industri kredit konsumen. Mereka juga memiliki kuasa untuk membekukan aset dari setiap peserta pasar keuangan yang diselidiki.


Source: NewsBTC.com

Foto: Blokt.com

Penulis/Editor: Andri Alfansyah