Tanggapan Regulator Prancis Soal Rencana 4.000 Toko Tembakau Jual Bitcoin di 2019

2018-11-27 14:57:03

KoinRocket - Rencana Federasi Tembakau dan Keplerk, penyedia layanan pembayaran cryptocurrency di Prancis, untuk menjual Bitcoin dalam voucher di ribuan toko tembakau di seluruh penjuru negeri mulai awal tahun depan sepertinya mengalami sedikit hambatan.

Ini menyusul Komisi Sekuritas dan Bursa Prancis, Autorité des marchés financiers mengeluarkan pernyataan resmi terkait status Paysafebit/Keplerk, perusahaan yang mengaku sudah mengantongi izin untuk menjual Bitcoin.

Seperti dikutip CCN, Selasa (27/11/2018), Autorité des marchés financiers menyatakan bahwa Keplerk tidak mengantongi izin dari pihak otoritas Prancis sehingga tidak mungkin dapat memberikan jaminan kepada pelanggan.

"Distribusinya oleh perusahaan terbatas publik, PAYSAFEBIT SASU dengan modal 50.000 euro, menggunakan nama dagang KEPLERK, yang tidak memiliki otorisasi atau persetujuan oleh otoritas Prancis atau asing, tidak mungkin memberikan jaminan kepada basis pelanggan,"

Kekhawatiran utama regulator Prancis adalah bahwa Paysafebit/KeplerK disebutkan tidak akan memiliki likuiditas untuk mencakup pertukaran. Namun mereka tidak menyebutkan tindakan penegakan hukum apa yang akan diambil terhadap perusahaan.

Begitu juga dengan upaya untuk membatalkan rencana Keplerk tersebut tidak disebutkan. Mereka hanya berbicara tentang risiko yang mungkin muncul jika berurusan dengan cryptocurrency.

Pernyataan Autorité des marchés financiers tersebut tampaknya tidak berpengaruh terhadap rencana Keplerk. Malahan mereka sudah meluncurkan bursa perdagangan langsung dan aplikasi mirip Coinbase di Google Play dan App Store.

Sebelumnya, sekitar 4.000 toko tembakau di Prancis berencana menjual Bitcoin dalam bentuk voucher mulai tahun depan. Rencana hadir dari federasi tembakau Fédération des Buralistes dengan Keplerk.

Source: CCN.com

Foto: Independente.ie