Arab Saudi dan UEA Kerja Sama Uji Coba Cryptocurrency Bernama Aber

2019-01-30 17:50:26

KoinRocket - Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) merupakan dua negara Timur tengah yang memiliki pandangan ke depan mengenai cryptocurrency dan teknologi blockchain.

Laporan terbaru menyebutkan bahwa negara Timur Tengah yang kaya akan minyak tersebut berencana mengadakan kerja sama untuk menguji coba meluncurkan sebuah proyek cryptocurrency.

Sebagaimana dihimpun dari Bitcoinist, Rabu (30/01/2019), Otoritas Moneter Arab Saudi (SAMA) mengumumkan dalam pernyataan bersama dengan Bank Sentral UEA bahwa nama cryptocurrency tersebut adalah Aber.

Cryptocurrency tersebut dilaporkan akan mengadopsi proof-of-concept sebagai solusi untuk penyelesaian berbasis blockchain sehingga biaya transfernya bisa lebih terjangkau.

Di samping itu, proyek cryptocurrency akan memeriksa apakah sistem tersebut juga dapat digunakan sebagai cadangan tambahan untuk pembayaran dalam negeri atau domestik.

Proyek uji coba Aber sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun lalu. Kala itu, bank-bank mengadakan pembahasan mengenai pembayaran lintas batas dengan biaya murah.

Meski begitu, proyek ini akan terbatas pada bank tertentu di kedua negara. Proyek ini diharapkan dapat berjalan dengan sukses dan hasilnya dapat meningkatkan penggunaan teknologi yang lebih luas di masa depan.

Peluncuran cryptocurrency Aber bisa dibilang selaras dengan laporan dari Bank of International Settlements (BIS). Mereka menyatakan bahwa negara-negara di seluruh dunia kemungkinan tertarik untuk meluncurkan mata uang digitalnya sendiri.

Aber dinilai dapat menyatukan kedua negara untuk lebih mempertimbangkan kelangsungan ekonomi cryptocurrency sebagai alat keuangan bank sentral di masa yang akan datang.

UEA sendiri memiliki bursa cryptocurrency berbasis syariah pertama di dunia. Bursa cryptocurrency yang diluncurkan oleh startup Adab Solutions pada tahun lalu itu melarang penggunanya khususnya Muslim meminjamkan uang kepada siapa pun dengan bunga.

Source: Bitcoinnews.com

Foto: Arcadis.com