Bursa Singapura Luncurkan Kerangka Penyelesaian DvP Berbasis Blockchain

2018-11-13 11:47:02

KoinRocket - Singapore Exchange (SGX) dikabarkan telah menjalin kerja sama dengan Monetary Authority of Singapore (MAS) untuk meluncurkan kerangka penyelesaian Delivery versus Payment (DvP) berbasis blockchain atau teknologi buku besar terdistribusi (DLT).

Sebagaimana dilansir dari Livebitcoinnews, Selasa (13/11/2018), kerja sama yang dilakukan SGX dan MAS merupakan yang pertama. Adapun kerangka kerja baru ini memungkinkan kemampuan DvP untuk mendukung perdagangan aset berbasis token.

Dengan mengadopsi teknologi blockchain, kedua perusahaan berharap proses penyelesaian DvP dapat dilakukan dengan lebih cepat. Sebelumnya penyelesaian DvP membutuhkan waktu hingga tiga hari setelah transaksi dilakukan.

Platform DvP berbasis blockchain disebutkan dapat melakukan pertukaran secara bersamaan, serta pembayaran penyelesaian akhir untuk token utilitas dan sekuritas berbasis token di berbagai jaringan blockchain. Interoperabilitas ini diharapkan dapat membuat seluruh proses berlangsung cepat dan efisien.

SGX dan MAS kabarnya sudah menunjukkan bagaimana kerangka penyelesaian DvP berbasis blockchain yang menggunakan teknologi smart contract dapat bermanfaat bagi industri keuangan baik dalam jangka pendek mau pun menengah.

Proyek baru dari SGX dan MAS didukung oleh sejumlah perusahaan keuangan terkemuka lainnya lainnya Deloitte, Nasdaq, dan Anquan. Semuanya adalah mitra teknis SGX dan MAS.

Source: Livebitcoinnews.com