Perusahaan Listrik di Korea Selatan Kembangkan Blockchain untuk Microgrid

2018-11-21 16:09:22

KoinRocket - Perusahaan listrik terbesar di Korea Selatan, Korea Electric Power Corporation (KEPCO) dikabarkan berencana mengembangkan jaringan listrik mikro (microgrid) berbasis teknologi blockchain.

Dilaporkan CCN, Rabu (21/11/2018), jaringan listrik mikro berbasis teknologi blockchain dari KEPCO dinamakan ‘Future Micro Grid’. Kerangka kerja “KEPCO Open MG’ sendiri sudah diusulkan oleh perusahaan.

Presiden dan CEO KEPCO Kim Jong-gap mengatakan bahwa framework KEPCO Open MG akan menciptakan 'komunitas energi terbuka' yang akan menyatukan unsur-unsur teknologi microgrid yang ada dengan implementasi blockchain.

“Tiga tren utama di masa depan industri energi adalah dekarbonisasi, desentralisasi, dan digitalisasi. Melalui proyek ini, KEPCO akan menunjukkan kecepatan proyek energi dan efisiensi energi yang baru dan terbarukan.”

Kami akan mengambil langkah maju sebagai penyedia platform energi untuk mendorong konversi energi dan konversi digital,” ungkapnya.

Pada sisi ekonomi, Kim Jong-ap mengatakan KEPCO Open MG berdampak positif. Karena teknologi ini memainkan peran kunci dalam pengembangan infrastruktur energi dan mendukung ekonomi hidrogen.

KEPCO Open MG menjadi solusi untuk masalah yang dihadapi pengaturan jaringan listrik mikro sebelumnya yang terdiri dari sel fotovoltaik kecil, turbin angin, dan perangkat penyimpanan energi. Ini karena sumber energi yang digunakan adalah sel bahan bakar.

KEPCO menggunakan teknologi power-to-gas (P2G). Listrik diubah menjadi hidrogen dan disimpan sampai dibutuhkan, kemudian diubah kembali menjadi listrik menggunakan sel bahan bakar.

Teknologi dinilai sebagai peningkatan besar dalam kemandirian energi dan efisiensi jika dibandingkan dengan mikrogrid yang ada. Teknologi ini juga ramah lingkungan karena tidak menimbulkan efek gas rumah kaca.

Dengan menggunakan teknologi blockchain, listrik sekarang dapat diperdagangkan di berbagai jaringan listrik mikro. Pada akhirnya, ia berpotensi menghilangkan kendala koneksi sistem menghambat pertumbuhan microgrid.

Melalui KEPCO Open MG, operator jaringan, pelanggan, dan pemangku kepentingan energi lainnya dimungkinkan untuk mengambil bagian di marketplace dan berinteraksi secara menguntungkan satu sama lain.

Source: CCN.com