Token BNDES, Stablecoin Pertama yang Siap Diluncurkan Bank Pemerintah Brasil

2018-12-18 13:54:48

KoinRocket - Bank milik pemerintah Brasil, Brazilian Development Bank (BNDES), dikabarkan akan segera meluncurkan stablecoin pertama mereka yang nilainya dipatok dalam mata uang real Brasil (BRL).

Sebagaimana dilaporkan Bitcoinnews, Selasa (18/12/2018), stablecoin dinamakan dengan token BNDES dan rencananya akan diluncurkan secara resmi pada Januari 2019 mendatang dalam tahap program pilot.

Nilai token BNDES akan dipatok 1:1 dengan real Brasil. Sekedar informasi, nilai real Brasil terhadap dolar mengalami anjlok sejak Januari. Mata uang nasional Brasil tersebut saat ini dijual di kisaran $0,26.

Begitu meluncur secara resmi nanti, token BNDES akan menjadi stablecoin pertama di Brasil dan salah satu yang diterbitkan oleh bank milik pemerintah.

Dalam program pilotnya, BNDES akan memulainya dengan memberikan kontribusi pengurangan pajak kepada lembaga-lembaga budaya untuk mencoba menggunakan token. Beberapa ratus BRL token BNDES pertama akan diterbitkan ke Badan Film Nasional.

Token BNDES akan menggunakan sertifikat identifikasi elektronik dari pencatatan nasional pembayar pajak. BNDES sendiri akan memberlakukan aturan penggunaan BNDES melalui Smart Contract, seperti melarang Badan Film Nasional menggunakan token di luar industri film.

Tidak seperti Tether (USDT) yang kesulitan memelihara keseimbangannya terhadap mata uang fiat, token BNDES diklaim tidak akan mengalami isu perbankan lantaran dioperasikan oleh bank pemerintah.

Peluncuran stablecoin dari bank pemerintah Brasil bukan tanpa alasan. Ini mengingat stablecoin merupakan jenis cryptocurrency yang semakin populer dan nilai kapitalisasi pasarnya ditaksir antara $2-3 miliar.

Source: Bitcoinnews.com

Foto: Intimelogistica.com.br