Akun Twitter Organisasi Nirlaba dari Belgia Diretas Jadi Akun Coinbase Palsu

2019-01-10 15:11:32

KoinRocket - Kelompok peretas dikabarkan berhasil mengambil alih akun milik organisasi nirlaba asal Belgiaa, Federation of Enterprises in Belgium (FEB) untuk menipu  para pengguna cryptocurrency dengan promosi bagi-bagi Bitcoin.

Sebagaimana dilaporkan Cointelegraph, Kamis (10/01/2019), akun milik FEB diubah menjadi seolah-olah terafiliasi dengan Coinbase, bursa cryptocurrency terbesar di AS. Padahal bukan.

Dalam deskripsinya, akun tersebut mengklaim sebagai akun promosi Coinbase resmi. Tidak cuma itu, profil dan foto yang digunakan menampilkan mereka Coinbase serta tautan ke situs resmi bursa tersebut.

Namun entah ceroboh atau apa, para peretas tampaknya kesulitan mengubah nama pengguna akun tersebut. Nama penggunanya tetap @VBOFEB, sehingga tampak meragukan dan terbukti jelas telah diretas.

Hingga berita ditulis, merek Coinbase berikut profile dan fotonya sudah dihapus dari laman akun Twitter FEB. Hanya saja retweet dari akun Coinbase masih tetap ada.

Dalam promosinya, akun Coinbase palsu tersebut akan membagikan 3000 Bitcoin untuk merayakan pertumbuhan basis pengguna Coinbase, yang diklaim mencapai 30 juta orang.

Padahal per Oktober lalu, jumlah pengguna Coinbase diperkirakan mencapai 25 juta orang dengan 600 ribu pengguna aktif. Dari sini jelas, bahwa akun tersebut memang palsu adanya. Namun tidak ada tanggapan dari FEB soal peretasan akunnya menjadi Coinbase.

Source: Cointelegraph.com

Foto: Istimewa