Alasan Kenapa Bitcoin Lebih Besar daripada Blockchain Bitcoin

2019-02-11 12:05:58

KoinRocket - Bitcoin memiliki perbedaan yang mencolok dibandingkan dengan altcoin. Mata uang digital yang diciptakan Satoshi Nakamoto tersebut dapat digunakan dengan protokol atau jaringan lainnya seperti Lightning Network.

Kemampuan yang dimiliki Bitcoin tersebut membuat altcoin diklaim tidak mungkin bersaing dengan hanya menawarkan peningkatan secara bertahap.

Hal tersebut dijelaskan oleh Chief Investment Officer dan Managing Partner di firma investasi cryptocurrency BlockTower Capital Ari Paul di Twitter, sebagaimana dikutip dari Cryptoglobe, Senin (11/2/2019).

Dalam postingannya di Twitter, Ari Paul menjelaskan mengapa Bitcoin lebih besar daripada blockchain Bitcoin dan mengapa potensi Bitcoin tidak dilihat terbatas pada fitur dan kemampuan yang dijelaskan oleh Satoshi Nakamoto di whitepaper Bitcoin.

“Blockchain adalah subset dari buku besar. Buku besar adalah bagian dari database. Blockchains, buku besar, database dapat diijinkan atau tanpa izin, tersentralisasi atau didistribusikan. Bitcoin adalah blockchain pertama yang didistribusikan.”

Lebih lanjut, Ari Paul menyebutkan perbedaan antara Bitcoin sebagai aset dan Bitcoin sebagai blockchain.

“Bitcoin (BTC) sebagai aset dilacak pada blockchain Bitcoin dan ditransfer melalui jaringan Bitcoin (biasanya). Jika tidak ada perlu dikatakan lagi, itu akan menjadi masalah, karena blockchain Bitcoin adalah teknologi generasi pertama dengan throughput dan fitur yang terbatas.”

Ari Paul pun mencontohkan bagaimana Bitcoin dapat digunakan dengan protokol lainnya, yaitu Lightning Network, protokol pembayaran lapis kedua yang berjalan di atas blockchain. Sehingga dapat bersaing dengan blockchain lebih baru.

“Bitcoin dapat digunakan pada protokol dan jaringan lain. Lightning Network adalah protokol lapisan 2 yang memungkinkan banyak transfer Bitcoin cepat dan murah yang diterima dan diamankan oleh jaringan Bitcoin. Orang juga dapat menggunakan sidechains, drivechains, dan solusi L2 atau L3 lainnya.”

Lebih menarik, Ari Paul menjelaskan bahwa fitur-fitur lain seperti privasi dapat ditambahkan ke Bitcoin tanpa perlu mengubah kode dasar blockchain Bitcoin. Bitcoin disebutkan hanya perlu solusi keamanan lapis pertama.

Selain itu, Ari Paul mengatakan apa yang perlu dilakukan altcoin supaya dapat bersaing dengan Bitcoin, seperti model tata kelola yang berbeda, model moneter (tingkat inflasi), atau model keamanan protokol dasar.

Source: Cryptoglobe.com

Foto: Forbes.com