Bank Sentral AS The Fed Minta Facebook Setop Cryptocurrency Libra

2019-07-11 16:55:11

KoinRocket - Cryptocurrency Facebook Libra yang didukung oleh 28 perusahaan besar di dunia yang tergabung konsorsium Libra Association dan siap hadir pada tahun depan mendapatkan pertentangan dari bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve (The Fed)

Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell secara resmi meminta Facebook untuk menghentikan sementara pengembangan Libra hingga masalah yang menjadi perhatian utama terselesaikan.

"Libra menimbulkan banyak perhatian serius terkait privasi, pencucian uang, perlindungan konsumen, dan stabilitas keuangan," ujar Jerome dalam rapat kerja dengan parlemen AS, dikutip CNBC Indonesia dari Reuters, Kamis (11/7/2019).

Menurutnya, proyek cryptocurrency dari raksasa jejaring sosial tersebut tidak dapat dilanjutkan sebelum masalah-masalah tersebut teratasi. Bahkan dia menyebut Libra tidak sesuai dengan aturan yang ada dan tinjauan regulasi terhadap sebuah proyek harus "sabar dan hati-hati".

"Terkadang itu tidak cocok atau sesuai dengan regulasi kami tetapi itu memiliki skala potensial sistemik," ujar Jerome. "Perlu hati-hati untuk mengkajinya dan saya percaya kita semua perlu waktu lebih dengan ini."

The Fed sendiri sudah membentuk kelompok kerja khusus untuk meneliti Libra dan berkoordinasi dengan bank sentral lain di dunia. Libra dinilai bisa menimbulkan dampak sistemik di sistem keuangan karena masifnya jumlah pengguna yang bakal mengadopsinya.

Sementara itu, Juru bicara Facebook Elka Looks memiliki pendapat yang sama dengan Gubernur The Fed tentang perlunya diadakan pembahasan publik soal Libra.

"Inilah sebabnya kami bersama 27 Anggota Pendiri Asosiasi Libra lainnya membuat pengumuman Libra, sehingga kami dapat terlibat dalam wacana konstruktif tentang hal ini dan mendapatkan umpan balik," katanya.


Source: CNBCIndonesia.com

Foto: Bankrate.com

Penulis/Editor: Andri Alfansyah