Bank Sentral China Siap Bikin Cryptocurrency Tandingan Facebook Libra

2019-07-09 10:48:36

KoinRocket - Tiongkok dikenal sebagai negara yang memusuhi cryptocurrency dengan aturan yang melarang segala sesuatu yang berkaitan dengan mata uang digital tersebut, termasuk bursa, Initial Coin Offering (ICO), dan penambangan Bitcoin.

Aturan tersebut dibuat pemerintah Tiongkok dalam upaya mereka untuk menjaga nilai mata uang yuan dari depresiasi terhadap mata uang internasional yang difasilitasi melalui cryptocurrency.

Namun sepertinya sikap pemerintah Tiongkok bakal berubah. Pasalnya, bank sentral negara tersebut dikabarkan tengah menggarap cryptocurrency sendiri sebagai tanggapan terhadap cryptocurrency Libra dari Facebook.

Hal tersebut diungkapkan Wang Xin, direktur biro penelitian People’s Bank of China (PBOC) dalam suatu konferensi yang digelar di Peking University.

"Jika (Libra) digunakan secara luas untuk pembayaran, khususnya pembayaran lintas-batas, apakah itu dapat berfungsi seperti uang dan karenanya memiliki pengaruh besar pada kebijakan moneter, stabilitas keuangan, dan sistem moneter internasional?" tanyanya dikutip Cryptoslate dari South China Morning Post, Selasa (9/7/2019).

PBOC sendiri sudah memperoleh persetujuan dari Dewan Negara. Mereka dilaporkan bekerja sama dengan lembaga pasar untuk menciptakan mata uang digital bank sentral. Serupa dengan Libra, mata uang bank sentral tersebut dapat membantu bank sentral China mempertahankan kendali atas ekonominya.

Mata uang digital bank sentral China tidak diklaim tidak akan memberikan banyak manfaat bagi warga China. Pasalnya menggunakan layanan pembayaran populer seperti WeChat Pay dari Tencent.

Tidak hanya itu, perdagangan pasar gelap Bitcoin di Tiongkok terus mengalami perkembangan meski pemerintah di sana sangat melarangnya.


Source: Cryptoslate.com

Foto: ETHNews.com

Penulis/Editor: Andri Alfansyah