Bank Sentral Eropa: Stablecoin Lebih Menjanjikan daripada Bitcoin

2019-05-15 12:53:59

KoinRocket - Bitcoin adalah cryptocurrency paling dominan dan bernilai di muka bumi. Saat ini, harga jual mata uang digital tersebut sudah menembus angka di atas $8.000 atau sekitar Rp 116 juta.

Namun menurut Francois Villeroy de Galhau dari Bank Sentral Eropa (ECB), Bitcoin tidak lebih menjanjikan dibandingkan stablecoin, jenis cryptocurrency atau aset digital yang nilainya dipatok dalam dolar.

Sebagaimana dilansir Bitcoinist dari Bloomberg, Rabu (15/5/2019), Francois Villeroy de Galhau mengatakan stablecoin akan mendapat tempat dalam sistem keuangan warisan.

Dia meyakini bahwa stablecoin akan mengalami utilitas yang lebih besar dalam aparatur keuangan arus utama.

“Bank of France "mengamati dengan inisiatif minat besar di sektor swasta yang bertujuan mengembangkan jaringan di mana 'koin stabil' akan digunakan dalam transaksi yang melibatkan sekuritas atau barang dan jasa 'tokenized'." Ini sangat berbeda dari aset spekulatif seperti bitcoin, dan lebih menjanjikan,” ungkapnya.

Sebelumnya di acara ECB Youth Dialogue, 8 Mei lalu, Presiden ECB Mario Draghi menjelaskan Bitcoin bukan sebagai "mata uang nyata" tetapi lebih seperti sebuah aset.

“Euro adalah euro - hari ini, besok, dalam sebulan, selalu euro. Dan ECB berada di belakang euro. Siapa di belakang cryptocurrency?” katanya

Namun Draghi tidak menyebutkan bahwa kebijakan moneter dan fiskal seringkali bersifat politis berdampak negatif pada daya beli mata uang fiat. Beda dengan Bitcoin, satu Bitcoin akan selalu bernilai satu Bitcoin.

Source: Bitcoinist.com

Foto: Maltawinds.com

Penulis/Editor: Andri Alfansyah