Bank Sentral Turki Siap Luncurkan Cryptocurrency pada Blockchain

2019-07-11 11:36:47

KoinRocket - Turki sebentar lagi akan menjadi salah satu negara yang bakal punya cryptocurrency nasional. Pasalnya bank sentral negara tersebut berencana meluncurkan bentuk mata uang digital pada blockchain.

Dilansir dari Beincrypto, Kamis (11/7/2019), peluncuran cryptocurrency nasional Turki tersebut merupakan bagian dalam Rencana Pengembangan ke-11 yang baru saja dirilis untuk tahun 2019 – 2023.

Peluncuran mata uang digital tersebut sejalan dengan rencana Turki untuk menjadikan Istanbul sebagai pusat keuangan global.

Dalam implementasinya, mata uang digital berbasis blockchain tersebut akan diterbitkan untuk meningkatkan investasi ke dalam negeri Turki dan akan dikendalikan oleh bank sentral.

Mata uang digigital hadir di tengah mata uang Lira Turki terus mengalami penurunan nilai. Pemerintah Turki khawatir inflasi lebih lanjut, sehingga mereka mengambil langkah-langkah untuk lebih melindungi aset dan kumpulan investasinya.

Namun tidak diketahui kapan Turki akan meluncurkan mata uang digital berbasis blockchain tersebut. Mata uang digital ini diprediksikan akan hadir sebelumnya 2023 mendatang, sesuai dengan akhir masa Rencana Pembangunan 11 tersebut.

Di samping cryptocurrency, Rencana Pembangunan ke-11 Turki juga mencakup badan pengatur keuangan baru, fokus yang lebih besar pada perjanjian bilateral, pemeriksaan ulang Sistem Pembayaran Eropa di Turki, dan kebijakan kelompok untuk pengusaha.


Source: Beincrypto.com

Foto: Beincrypto.com

Penulis/Editor: Andri Alfansyah