Bank of England: Adopsi Stablecoin Lemahkan Kredit Perbankan

2020-03-02 17:40:55

KoinRocket.id - Dari waktu ke waktu, adopsi cryptocurrency di dunia mengalami perkembangan yang lumayan pesat. Kehadiran cryptocurrency bahkan dinilai mengancam pertumbuhan kredit perbankan.

Seperti yang disampaikan oleh Jon Cuncliffe, deputi gubernur wakil gubernur untuk stabilitas keuangan bank sentral Inggris, Bank of England (BoE).

Cuncliffe dalam pidatonya yang disampaikan ke London School of Economics akhir Februari lalu, memperingatkan bahwa munculnya ekonomi mata uang crypto dapat melemahkan atau menghilangkan kredit bank.

Saat itu, dia memperkirakan bahwa integrasi stablecoin pada platform media sosial dapat menyebabkan orang menyimpan banyak uang mereka saat ini yang disimpan di bank ke dalam dompet stablecoin.

“Di dunia seperti itu, dan tergantung bagaimana dan apakah tablet stabil didukung dengan aset keuangan lainnya, pasokan kredit ke ekonomi riil melalui sistem perbankan bisa menjadi lebih lemah atau bahkan menghilang. Itu akan menjadi perubahan dengan konsekuensi ekonomi yang mendalam," ujarnya.

Utusan Inggris untuk Uni Eropa tersebut menyebutkan bahwa peran bank sentral Inggris untuk memastikan mata uang Inggris bekerja dengan aman dan andal.

Cuncliffe menilai bahwa mata uang digital memunculkan pertanyaan yang sangat penting untuk pemerintah Inggris, regulator, dan Bank Inggris. Oleh karena itu, dia mendesak regulator dan bank sentral untuk bersiap menghadapi tantangan unik terkait dengan munculnya ekosistem cryptocurrency sebelum menjadi penting secara sistemik.

Stablecoin diklaim untuk menawarkan sejumlah manfaat, termasuk pengurangan biaya pembayaran yang sangat besar, terutama lintas batas, dan inklusi keuangan yang lebih besar melalui akses yang lebih mudah dan lebih murah bagi yang tidak memiliki rekening bank.

Namun, Cuncliffe menegaskan regulator harus siap untuk risiko yang terkait dengan stablecoin sebelum mencapai jejak sistemik. Dia pun memperingatkan akan besarnya ukuran dampak dari Libra, stablecoin dari Facebook.

Dia mengatakan Libra memiliki potensi untuk mencapai tingkat adopsi sangat cepat untuk menjadi penting secara sistemik. Dewan Stabilitas Keuangan (FSB) direncanakan akan merilis laporan memeriksa rekomendasi regulasi terkait dengan Libra pada tahun ini.


Source: Cointelegraph.com

Foto: Investopedia.com

Penulis/Editor: Andri Alfansyah