Bitcoin Sudah Legal Setidaknya di 111 Negara

2019-02-11 18:54:48

KoinRocket - Selama satu dekade kemunculannya, adopsi Bitcoin sudah berkembang sangat pesat. Cryptocurrency dengan kapitalisasi terbesar di dunia tersebut sudah diterima secara legal di lebih dari 100 negara.

Berdasarkan informasi yang dibagikan Coin Dance seperti dilansir Longhash, Senin (11/2/2019), setidaknya ada 111 negara yang menerima Bitcoin secara legal atau hukum.

Sementara di banyak negara lain, status hukum Bitcoin masih diragukan atau diatur dengan beberapa batasan. Namun begitu, ada mata uang yang paling banyak digunakan dalam perdagangan mata uang fiat-Bitcoin.

Salah satunya adalah mata uang naira Nigeria. Di negara tersebut, Bitcoin belum mendapatkan status hukum resmi. Namun dalam perdagangan fiat-Bitcoin, naira menguasai pangsa pasar sekitar 0,03 persen (239,35 BTC).

Mata uang lain yang paling banyak digunakan dalam perdagangan fiat-Bitcoin adalah mata uang rupiah. Mata uang kebanggaan Indonesia menempati peringkat ke-10 dalam daftar mata uang yang paling banyak diperdagangkan dengan Bitcoin.

Padahal secara hukum, status hukum Bitcoin di Indonesia dibatasi. Pemerintah Indonesia melalui Bank Indonesia resmi melarang Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

Kendati demikian, rupiah menyumbang sebanyak 529,89 BTC dalam perdagangan fiat-Bitcoin. Rencananya, pemerintah Indonesia berencana menerbitkan regulasi mengenai Bitcoin di masa mendatang.

Dong Vietnam juga masuk daftar mata uang fiat yang banyak diperdagangkan dalam perdagangan fiat-Bitcoin. Mata uang ini menempati peringkat ke-18 dengan perdagangan fiat-Bitcoin sebanyak 0,02 persen (146,53 BTC).

Adapun negara-negara di mana Bitcoin dianggap ilegal tidak banyak jumlahnya. Hanya 10 negara, yaitu Afghanistan, Algeria, Bangladesh, Bolivia, Pakistan, Qatar, Republik Macedonia, Arab Saudi, Vanuatu, dan Vietnam.

Sedangkan negara-negara di mana Bitcoin diklasifikan “terbatas” ada sembilan negara. Dua di antaranya adalah negara terbesar yaitu China dan India.

Source: Longhash.com

Gambar: Wikipedia.org