Facebook Bertemu CFTC Bahas Proyek Cryptocurrency GlobalCoin

2019-06-03 12:05:04

KoinRocket - Facebook kian gencar mempersiapkan peluncuran cryptocurrency-nya yang disebut GlobalCoin. Kabar terbaru menyebutkan mereka sudah mulai mengadakan pembicaraan dengan Komisi Komoditas dan Perdagangan Berjangka AS (CFTC) mengenai hal tersebut.

Dikutip Coindesk, Senin (3/6/2019), dari Financial Times, Ketua CFTC, Christopher Giancarlo mengatakan bahwa pihaknya sudah mengadakan pembicaraan tahap awal dengan Facebook.

Pembicaraan itu dilakukan dengan tujuan untuk lebih memahami jika crypto currency berjenis stablecoin dari Facebook tersebut berpotensi berada di bawah wewenang regulasi CFTC.

"Kami sangat tertarik untuk memahaminya dengan lebih baik. Kami hanya dapat bertindak berdasarkan aplikasi, kami tidak memiliki apa pun di depan kami," ungkapnya.

Menurut Giancarlo, terlalu cepat untuk mengatakan bahwa GlobalCoin dari Facebook kena regulasi pengiriman uang CFTC. Namun dia mengatakan cryptocurrency tersebut dapat didukung oleh dolar AS, maka mungkin ada lebih sedikit kebutuhan akan derivatif yang terkait dengannya.

"Itu sangat pintar," imbuh Giancarlo saat bicara soal desain GlobalCoin.

Ada pun satu isu utama yang dibahas adalah masalah kepatuhan oleh regulator adalah apakah dan bagaimana Facebook akan mematuhi dan menerapkan langkah-langkah anti pencucian uang dan prosedur Know-Your-Customer (KYC).

Sebelum ini, Facebook juga sudah mulai mengadakan pembicaraan dengan para pejabat pemerintah di AS dan Inggris mengenai peluang dan masalah peraturan untuk GlobalCoin.

 

Source: Coindesk.com

Foto: CCN.com

Penulis/Editor: Andri Alfansyah