Facebook Tidak Jadi Luncurkan Cryptocurrency Libra di India

2019-07-10 17:25:17

KoinRocket - Facebook sudah lama dirumorkan akan meluncurkan cryptocurrency di India lantaran potensinya yang besar. Namun nyata hal tersebut tidak bakal menjadi kenyataan karena jejaring sosial raksasa tersebut mengalami kendala.

Juru bicara Facebook mengungkapkan bahwa Facebook saat ini tidak memiliki rencana untuk meluncurkan cryptocurrency Libra di Negeri Hindustan tersebut. Pasalnya mereka terkendala aturan lokal.

“Tidak ada rencana untuk menawarkan Calibra di India. Seperti yang Anda ketahui, ada batasan lokal di India yang membuat peluncuran Calibra tidak mungkin saat ini,” katanya kepada Economictimes dilansir Coindesk, Rabu (10/7/2019).

Ya seperti diketahui, bank sentral India, Reserve Bank of India (RBI) melarang bank menyediakan layanan untuk perusahaan yang menjalankan bisnis cryptocurrency. Selain itu, warga yang ketahuan bertransaksi cryptocurrency terancam hukuman 10 tahun penjara.

Aturan yang diberlakukan pada April lalu tersebut memaksa bursa-bursa cryptocurrency besar menutup bisnisnya. Aturan ini pun dilaporkan ke Mahkamah Agung India. Namun mengalami penundaan lantaran menunggu arahan dari pemerintah India.

India merupakan pasar terbesar Facebook. Kabarnya pemerintah India sedang menyaksikan uji coba pra-peluncuran layanan pembayaran di WhatsApp untuk satu juta pengguna.

Terlepas dari pasar India yang besar dan memusuhi cryptocurrency, Facebook menghormati aturan tersebut. Dengan ini, Facebook tentunya akan meluncurkan cryptocurrency-nya di negara lain.

Libra sendiri masih dalam pengembangan. Pada saat yang sama Asosiasi Libra selaku pihak yang bertanggung jawab proyek ini tengah mencari mitra potensial dari seluruh dunia untuk diajak kerja sama.


Source: Coindesk.com

Foto: Coingape

Penulis/Editor: Andri Alfansyah