Gandeng Alipay, Bank Pakistan Luncurkan Layanan Pengiriman Uang Lintas Negara Berbasis Blockchain

2019-01-10 11:35:16

KoinRocket - Perusahaan keuangan milik perusahaan telekomunikasi besar Telenor Group, Telenor Microfinance Bank, yang berbasis di Pakistan, telah meluncurkan layanan pengiriman uang lintas negara berbasis blockchain.

Dalam peluncuran platform pengiriman uang tersebut, Telenor Microfinance Bank menggunakan teknologi blockchain dari Alipay, platform pembayaran terbesar di China.

Peluncuran layanan ini merupakan hasil kerja sama dari Easypaisa, penyedia layanan perbankan mobile asal Pakistan, dan Valyou, perusahaan teknologi keuangan milik Telenor Group.

Berbasis teknologi blockchain Alipay, layanan ini memungkinkan warga Pakistan yang tinggal di Malaysia untuk mengirim uang ke rumah secara instan dan aman melalui penyedia layanan pengiriman uang Telenor – Valyou.

“Ini menempatkan Pakistan pada peta beberapa negara di dunia yang telah meluncurkan pengiriman uang internasional menggunakan teknologi blockchain,” kata Tariq Bajwa, gubernur bank negara Pakistan dalam siaran persnya seperti dilansir Kamis (10/01/2019).

Bajwa mengatakan bahwa pengiriman uang di Pakistan menyumbang lebih dari 6% dari produk domestik bruto (PDB). Ini setara dengan lebih dari 50 persen defisit perdagangan negara itu, 85 persen dari ekspor dan lebih dari sepertiga dari impor selama 2017-2018,.

Penggunaan teknologi blockchain diharapkan akan secara signifikan meningkatkan kecepatan dan efisiensi pengiriman uang dari Malaysia ke Pakistan. Selain itu, teknologi ini memastikan transfer uang sangat aman dan transparan, karena semua informasi yang disimpan, dibagikan, atau diunggah terenkripsi dengan protokol canggih untuk melindungi privasi pengguna.

Source: Businesswire.com

Foto: Istimewa