India Tanggapi Cryptocurrency Libra dari Facebook

2019-07-09 12:38:12

KoinRocket - Banyak negara mulai menanggapi kedatangan cryptocurrency Libra dari Facebook. Setelah Eropa dan Tiongkok, kini India mengungkapkan tanggapannya soal mata uang digital yang direncanakan akan meluncur pada tahun depan tersebut.

Sebagaimana dikutip dari Bloomberg, Selasa (9/7/2019), Subhash Garg, Sekretaris Urusan Ekonomi di Kementerian Keuangan India, mengatakan bahwa desain mata uang Facebook belum sepenuhnya dijelaskan.

“Tapi apa pun itu, itu akan menjadi cryptocurrency pribadi dan itu bukan sesuatu yang kita sukai," lanjutnya.

Pemerintah India sendiri kabarnya sedang mempertimbangkan untuk memberlakukan aturan yang melarang cryptocurrency. Dalam rancangannya, aturan tersebut memberikan hukuman penjara 10 tahun bagi warga yang bertransaksi cryptocurrency.

Di lain pihak, Facebook belum mengajukan persetujuan dengan bank sentral India, Reserve Bank of India (RBI) untuk mengoperasikan mata uang digitalnya di negara tersebut. Sehingga tidak akan tersedia di India karena larangan tersebut.

Padahal Facebook dalam rencana proyek cryptocurrency bakal memfokuskan terlebih dahulu pada pasar pengiriman uang di India, yang merupakan penerima pengiriman uang terbesar di dunia dengan nilai $ 79 miliar pada tahun 2018.

Facebook Libra sendiri merupakan cryptocurrency berjenis stablecoin yang dipatok pada cadangan aset seperti dolar untuk mencegah volatilitas atau harga yang tidak stabil.

Facebook mengklaim bahwa libra dan dompet Calibra diluncurkan untuk menjangkau konsumen yang tidak memiliki rekening bank dan memberi mereka akses ke layanan keuangan.

Proyek cryptocurrency Libra diprediksi bakal sukses karena Facebook dapat dengan mudah meningkatkan basis penggunanya. Pasalnya mereka memiliki lebih dari dua miliar pengguna di seluruh dunia dan bisa cepat mencapai skala ekonomi dan efek jaringan yang menyertainya.

 

Source: Cointelegraph.com

Foto: Cryptodost.io

Penulis/Editor: Andri Alfansyah