Julian Assange Ditangkap Polisi Inggris, Wikileaks Diguyur Donasi Bitcoin

2019-04-12 18:16:02

KoinRocket - Pendiri Wikileaks Julian Assange baru saja ditangkap oleh kepolisian metropolitan Inggris dari Kedutaan Besar Ekuador di London setelah bersembunyi selama tujuh tahun.

Penangkapan Julian Assange dikabarkan tidak saja menggemparkan warga dunia, tapi memicu derasnya guyuran donasi dalam Bitcoin untuk situs yang mempublikasikan beragam dokumen rahasia negara dan perusahaan tersebut.

Sebagaimana diwartakan Bitcoinist, Jumat (12/4/2019), Wikileaks Defence Fund sudah menerima donasi dalam Bitcoin dengan nilai lebih dari 30 ribu dolar hanya dalam 24 jam.

Cryptocurrency yang diterima untuk donasi adalah Bitcoin dan Zcash di samping metode pembayaran tradisional termasuk kartu bank, dan bahkan uang tunai atau cek.

Saat berita ditulis, Wikileaks sudah menerima sebanyak 6.173 Bitcoin dengan nilai lebih dari $31.000. Jumlah donasinya terus bertambah.

Pemimpin redaksi WikiLeaks, Kristinn Hrafnsson dan Edward Snowden, keduanya mengatakan penangkapan terhadap Julian Assange menandai "hari gelap" bagi kebebasan pers.

Donasi kepada Julian Assange tidak lepas dari tokoh-tokoh mendukung WikiLeaks karena mengekspos korupsi oleh pemerintah dan organisasi tingkat atas. Mereka sukarekla mengumpulkan orang untuk berdonasi ke WikiLeaks Defence Fund.

Source: Bitcoinist.com

Foto: Towleroad.com

Penulis/Editor: Andri Alfansyah