Korea Selatan Legalkan Bisnis Terkait Cryptocurrency

2020-03-06 16:42:36

KoinRocket.id - Pemerintah Korea Selatan membuat gebrakan besar untuk industri cryptocurrency. Majelis Nasional Korsel baru saja mengesahkan amandemen Undang-Undang tentang Pelaporan dan Penggunaan Informasi Keuangan Khusus.

Undang-undang tersebut merinci soal dilegalkannya perdagangan dan kepemilikan cryptocurrency di Negeri Ginseng tersebut. Langkah ini serupa dengan yang dilakukan oleh pemerintah India pada 2018 lalu.

Presiden Korsel Moon Jae-in disebutkan sudah menandatangani amandemen undang-undang tersebut untuk disahkan. Undang-undang tersebut akan berlaku satu tahun sejak tanggal penandatanganan dan masa tenggang 6 bulan.

Setelah masa itu berlalu, semua bisnis yang terkait cryptocurrency, seperti pertukaran, badan usaha, perusahaan dompet, dan penjualan token, harus mematuhi aturan baru tersebut.

Semua harus memiliki kemitraan verifikasi nama asli dengan bank lokal yang ditunjuk. Dalam hal ini, individu yang terverifikasi memiliki satu rekening bank untuk membantu mencegah pencucian uang saat menyetor atau menarik mata uang fiat.

Bisnis cryptocurrency juga wajib mengantongi sertifikasi sistem manajemen keamanan informasi (ISMS). Sertifikasi diberikan oleh Badan Keamanan Internet Korea (KISA) untuk memastikan perusahaan dapat melindungi aset informasi vital bagi perusahaan dan pengguna.

Semua bursa cryptocurrency harus mematuhi aturan baru tersebut dalam waktu enam bulan sejak berlakunya. Kalau tidak, perusahaan tersebut terancam akan ditutup.


Source: Cryptopotato.com

Foto: Skalex.io

Penulis/Editor: Andri Alfansyah