Panitera Pengadilan Prancis Siap Adopsi Blockchain IBM untuk Pencatatan Perusahaan

2019-03-15 17:36:02

KoinRocket - Teknologi blockchain kini sudah masuk ranah hukum. Panitera pengadilan di Prancis dikabarkan bakal mengadopsi teknologi blockchain untuk mencatat perubahan status hukum perusahaan di negara tersebut.

Dalam pengumuman resminya seperti diterima Cointelegraph, Jumat (15/3/2019), Dewan Nasional Panitera pengadilan komersial Prancis bakal mengadopsi teknologi blockchain dari IBM.

Menurut rencana, Dewan Panitera Nasional tersebut akan mulai menggunakan teknologi blockchain dari IBM mulai 2019 di seluruh pengadilan komersial di Prancis.

Platform blockchain IBM sendiri dibangun di atas kerangka kerja Hyperledger Fabric. Tujuan penggunaannya adalah untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi dalam transaksi hukum yang terkait dengan siklus hidup perusahaan yang terdaftar.

Teknologi blockchain disebutkan akan digunakan untuk mencatat dan membagikan data yang terkait dengan pertukaran informasi peraturan yang berkaitan dengan kesulitan perusahaan dan perubahan status perusahaan yang terdaftar di wilayah Prancis."

Data uang dicatat seperti perubahan nama perusahaan, pendaftaran kantor pengadilan, pendirian kantor cabang, dan pembubaran bisnis.

Berdasarkan uji cobanya, panitera pengadilan tersebut menemukan bahwa teknologi blockchain mampu  mempersingkat waktu yang diperlukan untuk memperbarui registri dari beberapa hari menjadi satu hari.

"Kualitas blockchain ideal untuk penggunaan ini, meningkatkan proses bisnis panitera dan beradaptasi dengan sifat misi mereka yang selalu berubah," ucap Vincent Fournier, Manajer Senior Blockchain IBM Prancis.

Source: Cointelegraph.com

Foto: Shutterstock