Peneliti Temukan Malware Kripto Ganas Susupi Toko Aplikasi Google Play

2019-02-11 17:12:04

KoinRocket - Di tengah melempemnya pasar cryptocurrency dunia, jumlah malware yang diciptakan untuk mencuri aset digital terus berkembang. Kabar terbaru menyebutkan ada malware yang menyusupi toko aplikasi Google Play.

Menurut berita yang dilansir dari Ethereumworldnews, Senin (11/2/2019), Google Play ketahuan meng-hosting malware ganas bernama Clipper. Malware ini disebutkan dapat mencuri cryptocurrency.

Malware tersebut kabarnya ditemukan oleh para peneliti di perusahaan keamanan internet ESET. Mereka melaporkan temuannya pada akhir pekan kemarin.

Secara teknis, malware Clipper memonitor dan mencegat software clipboard yang sering digunakan untuk menyalin dan menempelkan alamat dompet kripto.

Malware ini lantas memodifikasi string sehingga dana tidak terkirim ke pengguna melainkan ke penyerang. Dalam temuannya, para peneliti mengklaim malware tersebut berada toko aplikasi Android resmi Google dan di-host di Cnet.

Dalam memodifikasi alamat dompet kripto, malware Clipper versi baru ini memiliki kemiripan dengan Metamask di Google Play di mana malware ini menipu pengguna agar mengunduh aplikasi yang dipalsukan.

"Kami menemukan Android/Clipper.C tak lama setelah diluncurkan di toko Android, pada 1 Februari 2019. Kami melaporkan penemuan itu ke tim keamanan Google Play untuk menghapusnya.”

Namun bedanya, Metamask tidak memiliki versi aplikasi untuk perangkat mobile. Ia hanya tersedia dalam versi plugin yang dapat diunduh untuk peramban di Firefox dan Chrome.

Source: Ethereumworldnews.com

Gambar: ZDnet.com