Penggunaan Solar Panel Diklaim Pangkas Biaya Penambangan Bitcoin 75 Persen

2019-03-14 14:45:26

KoinRocket - Panel surya kini bisa menjadi pilihan energi yang sangat menarik dan menguntungkan bagi para penambang Bitcoin di tengah lesunya kondisi pasar cryptocurrency saat ini.

Bukan tanpa fakta. Menurut salah seorang pengguna Reddit dengan nama akun Cadese, biaya penambangan Bitcoin disebutkan berkurang drastis hingga 75 persen berkat penggunaan panel surya.

“Penambangan bitcoin memaksa saya untuk menggunakan tenaga surya. Saya baru saja memasang panel surya untuk menjalankan mesin penambang saya siang hari,” katanya sebagaimana dikutip Bitcoinist, Kamis (14/3/2019).

“Tidak hanya rumah saya menjadi hangat, tapi saya bisa memotong biaya penambangan sebesar 75%. Mengapa? Ini bukan hanya bentuk energi termurah, tetapi saya menyingkirkan biaya transfer dan pajak jaringan (=75%!),” imbuhnya.

Karena merupakan energi terbarukan, panel surya tidak saja menghemat biaya, tapi juga sangat ramah lingkungan dibandingkan dengan menggunakan energi listrik biasa.

Oleh sebab itu, penggunaan panel surya untuk mendukung operasi penambangan Bitcoin kini semakin meluas di dunia. Laporan CoinShares Research menyebutkan 80 persen penambangan kini menggunakan energi terbarukan.

Bagi penambang Bitcoin skala kecil, di pasar juga tersedia beragam solusi untuk penambangan Bitcoin dengan menggunakan energi terbarukan. Salah satunya dari Cryptosolartech, yang mengembangkan penambangan cryptocurrency terbesar yang dioperasikan dengan energi terbarukan.

Source: Bitcoinist.com

Foto: Reddit