Pertumbuhan Industri Kripto Disebut Bisa Ancam Stabilitas Perbankan Global

2019-03-14 15:42:48

Kelompok 10 Bank Sentral yang tergabung dalam Basel Committee on Banking Supervision (BCBS) mengeluarkan peringatan mengenai industri mata uang terdesentralisasi bagi sistem perbankan global.

Mereka menyatakan bahwa pertumbuhan industri mata uang yang didesentralisasi dapat menimbulkan risiko serius bagi stabilitas ekonomi dan keuangan dunia.

Dalam pernyataan resminya sebagaimana dilansir AMBCrypto, Kamis (14/3/2019), BCBS mengatakan bahwa aset digital tidak dapat diandalkan untuk menggantikan struktur tradisional mata uang fiat.

Selain itu, aset digital tersebut menurut komite yang didirikan oleh 10 gubernur bank sentral pada 1974 tersebut bukanlah media pertukaran yang layak atau penyimpan nilai.

Industri mata uang digital dikatakan menimbulkan risiko yang signifikan terhadap dunia keuangan tradisional, terutama karena volatilitasnya yang tinggi.

Belum lagi, ancaman yang terkait dengan likuiditas, penipuan, manipulasi pasar, kerusakan kredit, pencucian uang, dan pendanaan teror disebutkan marak terjadi di industri kripto.

Meski begitu, dunia perbankan diakui memiliki kontak langsung yang sangat terbatas dengan industri cryptocurrency. Karena itu, mereka menyarankan industri ini untuk meningkatkan protokol manajemen risikonya demi melindungi dari volatilitasnya sendiri.

"Komite berpandangan bahwa pertumbuhan berkelanjutan dari platform perdagangan aset kripto dan produk (komersial) baru yang terkait dengan aset kripto memiliki potensi untuk meningkatkan kekhawatiran stabilitas keuangan dan meningkatkan risiko yang dihadapi oleh bank."

Para pendukung cryptocurrency pada prinsipnya tidak hanya ingin bersaing dengan dunia perbankan global, tetapi ingin menggantinya. Ini mengingat Bitcoin berada di luar kontrol satu otoritas penerbit tunggal.

Tidak seperti mata uang fiat yang dikeluarkan pemerintah sebagai produk elit birokrasi dan finansial serta bertujuan memonopoli kekayaan, Industri kripto bertujuan menggantikan mata uang kertas yang sifatnya terpusat.

Dalam kesimpulannya, Komite Basel akan bekerja sama dengan Financial Stability Board (Dewan Stabilitas Keuangan )untuk mengelola risiko aset digital dengan lebih baik terhadap kendaraan investasi lain dan dunia keuangan secara umum.

Source: AMBCrypto.com

Foto: Istimewa