Transaksi Harian Bitcoin Naik ke Level seperti di Januari 2018

2019-02-08 12:15:43

KoinRocket - Nilai Bitcoin masih belum mampu bangkit dari keterpurukannya setelah menyentuh level harga tertingginya pada akhir 2017. Saat itu, mata uang digital nomor satu di dunia itu menembus harga $20.000.

Di saat harganya mengalami kemerosotan selama setahun belakangan ini, volume transaksi Bitcoin per hari nyatanya tercatat mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Data terbaru dari situs Transaction.info, volume transaksi Bitcoin per hari naik ke level yang tidak pernah terlihat sejak Januari 2018. Rata-rata transaksi harian Bitcoin per 6 di Januari 2019 mencapai 336.231.

Volume transaksi Bitcoin harian ini tidak jauh dibandingkan dengan periode setahun lalu. Per 9 Januari 2018, rata-rata transaksi harian Bitcoin mencapai 370.341.

Padahal periode antara Januari 2018 dan 2019, volume transaksi harian Bitcoin turun drastis. Paling rendah tercatat pada April 2018 di mana transaksi harian Bitcoin berada di angka 170.000.

Melihat fakta tersebut, tidak sedikit pemain di industri cryptocurrency menyakini bahwa hal tersebut merupakan tanda evolusi ekosistem dan fundamental cryptocurrency.

Salah satunya adalah Jameson Lopp, CTO Casa, firma sistem keamanan kunci pribadi Bitcoin. Dia menyatakan bahwa sistemnya meningkat dan berkembang.

“Berbagai peningkatan dalam penyebaran blok telah diterapkan oleh Bitcoin Core selama beberapa tahun terakhir dan karena node sedang meningkat, peningkatan itu tampaknya memiliki efek. Ada juga jaringan relay penambang yang sangat berkinerja tinggi."

Lopp mengatakan bahwa permintaan transaksi yang lebih rendah, peningkatan algoritma estimasi biaya, adopsi segregated witness (SegWit), dan batching transaksi telah menghasilkan penggunaan ruang blok yang lebih efisien dan lebih sedikit pertikaian untuk sumber daya yang langka ini.

Untuk diketahui, SegWit dirancang untuk mengurangi waktu pemrosesan dan waktu tunggu, serta biaya transaksi.

Source: Cointelegraph.com

Gambar: Theindependent.co.uk