5 Kiat Jaga Skor Kredit Tetap Bagus Agar Lancar Ajukan Pinjaman Uang

2019-06-17 13:23:42

Mengajukan pinjaman uang online di jaman sekarang bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan. Banyak bank dan penyedia jasa pinjaman uang online yang bertebaran memberikan kemudahan untuk calon peminjam mengajukan pinjaman, bahkan tanpa jaminan sekalipun.

Namun tahukah Anda bahwa tidak selamanya pengajuan pinjaman uang online berjalan dengan mulus dan diterima penyedia jasa pinjaman online karena beberapa hal. Salah satu pertimbangan utama adalah skor kredit.

Skor kredit adalah riwayat data calon peminjam. Inilah yang dipertimbangkan bank saat calon peminjam mengajukan pinjaman uang, apakah dia layak mendapatkan pinjaman atau malah punya masalah dengan bank lain.

Semakin baik skor kredit Anda, maka semakin rendah pula risiko kredit. Lantas, bagaimana kiat supaya skor kredit tetap dalam kondisi terbaik? Berikut kiatnya seperti dilansir dari Swara.tunaiku.

1. Cek kebenaran informasi kredit

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek data dari laporan kredit yang dibuat perusahaan laporan kredit. Ini penting untuk dilakukan mengingat skor kredit sangat berkaitan dengan data saat Anda mengajukan pinjaman uang.

Pastikan tidak ada kesalahan data, seperti kesalahan penulisan alamat atau bahkan kesalahan penulisan data rekening. Jika Anda ceroboh di bagian ini, Anda akan menemui masalah yang berlarut-larut dan menyulitkan untuk mengajukan kredit.

2. Batasi pemakaian kartu kredit

Bukan rahasia lagi bahwa pihak bank akan menawarkan kartu kredit dengan limit tertentu . Tak perlu terkejut, itu kerap dilakukan mereka terlebih jika Anda memiliki skor kredit yang bagus.

Apabila menggunakan kartu kredit, Anda sebaiknya membatasi jumlah pemakaiannya. Di samping itu, keterlambatan membayar tagihan kartu kredit berdampak kurang baik pada skor kredit saat Anda akan mengajukan pinjaman di bank.

3. Jangan telat membayar cicilan

Telat membayar cicilan adalah hal yang kurang baik untuk dilakukan. Tindakan ini tidak hanya akan membuat skor kredit Anda berkurang, tapi juga membuat Anda harus berhadapan dengan denda jika terlambat membayar cicilan.

Hal yang harus Anda lalukan tentu saja adalah Anda disiplin dalam membayar cicilan. Anda bisa melakukannya dengan selalu mencatat tanggal berapa harus membayar cicilan. Supaya tidak terlambat membayar cicilan, Anda juga bisa memanfaatkan fitur pembayaran otomatis yang akan memotong saldomu saat jatuh tempo tiba.

4. Sesuaikan tanggal pembayaran cicilan dengan tanggal gajian

Mengatur tanggal jatuh tempo setiap cicilan dengan tanggal gajian adalah hal yang tak kalah penting untuk Anda lakukan, terutama jika Anda adalah seorang pengusaha. Saat mengajukan pinjaman uang, Anda sebaiknya mengatur tanggal jatuh tempo cicilan terlebih dahulu dengan pihak penyedia pinjaman terkait.

Anda bisa mengatur tanggal jatuh tempo dengan memberik jeda waktu beberapa hari. Misalnya gajian Anda cair pada tanggal 1, maka  Anda bisa mengatur jatu tempo cicilan pada tanggal 5. Ini agar skor kredit semakin baik.

5. Ciptakan berbagai macam kredit yang sehat

Kiat terakhir adalah pastikan riwayat kredit Anda sehat. Artinya Anda harus selalu membayarkan cicilan kredit dengan tepat waktu. Dengan memiliki banyak riwayat kredit, skor kredit Anda juga bakal meningkat.

Untuk diketahui, bank lebih suka calon peminjam yang memiliki riwayat kredit lebih banyak dibandingkan dengan yang riwayat kreditnya hanya dari satu sumber kredit saja meski selalu membayar cicilan tepat waktu.

***

Demikian beberapa kiat yang harus Anda lakukan apabila ingin menjaga skor kredit tetap bagus di mata bank. Dengan menjaga skor kredit tetap bagus, maka hal ini akan memudahkan kamu untuk mengajukan pinjaman uang kembali.


Foto: Magazine.job-like.com