Cara Sederhana Bikin Dompet Bitcoin Bersama

2018-12-01 11:02:58


KoinRocket - Di artikel sebelumnya sudah dijelaskan dengan rinci apa itu Dompet Bitcoin (Bitcoin Wallet) buat menyimpan saldo Bitcoin dengan aman. Kini bagi yang sudah memiliki Dompet Bitcoin, Anda juga dapat memiliki Dompet Bitcoin bersama yang bisa diakses oleh pengguna lain atau di perangkat lain.

Salah satu situs yang menyediakan dompet digital untuk menyimpan cryptocurrency seperiti Bitcoin Core (BTC) dan Bitcoin Cash (BCH) adalah Bitcoin.com. Di situs yang sama juga ada layanan yang memungkinkan Anda bisa memiliki dompet Bitcoin bersama.

Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah selengkapnya:

·     - Pertama-tama, unduh aplikasi Bitcoin Wallet sesuai spesifikasi perangkat Anda. Ada pilihan untuk Android, iOS, Windows, Linux dan Mac.

·     - Buka layar Utama dan ketuk "+" di Menu Dompet Bitcoin Cash Anda dan buat dompet baru.

·     - Dari menu “Tambah Dompet”, Anda memilih “Buat dompet bersama”.

·     - Kemudian tentukan 'Nama dompet', 'nama Anda', 'jumlah total copayers' dan terakhir, 'jumlah tanda tangan’ yang diperlukan untuk mengirim BCH dari dompet bersama. (Perhatikan bahwa "Jumlah total copayers" adalah jumlah orang atau perangkat yang akan memiliki akses ke dompet dan "Jumlah penandatangan yang diperlukan" adalah berapa banyak dari orang atau perangkat ini akan diperlukan untuk mengotorisasi secara manual setiap transaksi sebelum dapat terkirim.)

·     - Terakhir, buat dompet dan bagikan kode undangan dengan orang atau perangkat yang Anda inginkan untuk bergabung dengan dompet. (Perhatikan bahwa kode ini dapat dipindai atau alternatifnya, blok teks dapat disalin, dan ditempel.)

Pentingnya Punya Dompet Bersama

Alasan pertama pentingnya punya dompet bersama adalah keamanan. Meskipun Anda hanya memiliki lebih dari satu perangkat, Anda maish bisa membuat dompet bersama untuk mengamankan setiap transaksi yang dilakukan.

Katakanlah Anda kehilangan ponsel karena dicuri, si pencuri tidak akan bisa bertransaksi atau membelanjakan isi dompet digital Anda. Ini lantaran otorisasi lain diperlukan sebelum transaksi bisa dilakukan.

Alasan berikutnya adalah terkait dengan pembukuan atau akuntansi. Catatan transaksi dana yang dimiliki bersama menjadi lebih mudah diakses dengan adanya dompet bersama.

Alasan ketiga adalah dompet bersama memberikan kesempatan bagi kelompok untuk mengambil suara terkait pengguna dana. Ini karena pembayaran tidak dapat diotorisasi kecuali ambang tertentu sudah terpenuhi.

Selain itu, dompet bersama juga menjadi jalan untuk melakukan mediasi atau dana disimpan oleh pihak ketiga. Ini berguna ketika Anda membuat taruhan atau melakukan pembelian secara online.

Catatan

Masing-masing peserta dompet bersama memiliki kunci uniknya masing-masing. Sehingga memberikan mereka akses terpisah ke dompet. Penting untuk dicatat, para peserta harus mencadangkan dompet bersama mereka karena dikhawatirkan perangkat hilang.

Kerugian

Catatan penting buat Anda yang ingin membuat dompet bersama adalah Anda dianjurkan tidak membuat dompet yang mengharuskan semua peserta membubuhkan tanda tangan (multi-tandatangan). Misalnya, 4 orang-4 tanda tangan untuk mengotorisasi transaksi.

Keadaan akan semakin rumit manakala ada salah seorang peserta kehilangan perangkat atau tidak melakukan pencadangan. Kerumitan lainya adalah ada peserta lain yang menolak mengotorisasi transaksi sehingga tidak dapat diakses.

Source: Usethebitcoin.com


Foto: Itradeico.com