Mudik Irit Tanpa Kantong Bolong!

2019-05-23 17:28:51

Mudik atau pulang kampung menjadi tradisi orang Indonesia ketika momen Idul Fitri datang. Biasanya para pekerja yang merantau ke Jakarta atau pendatang yang mengadu nasib dan tumbuh besar di kota ini ikut melakukan tradisi tersebut.

Mereka yang berada di luar negeri pun rela menempuh jarak ratusan ribu kilometer demi merayakan hari raya bersama keluarga. Nah, yang menjadi masalah adalah tradisi ini bukanlah tanpa biaya. Kamu harus merogoh kocek cukup besar apalagi jika mudik sekeluarga.

Dikutip dari moneysmart.id, simak tips berikut ini agar mudikmu makin asik tanpa perlu keluar banyak uang.

1. Bikin rencana anggaran

Ketika memutuskan pulang ke kampung halaman untuk perayaan Lebaran, biaya mudik paling besar kemungkinan akan tersedot di transportasi. Usahakan Kamu sudah memprediksi biaya yang akan dikeluarkan. Tentukan trasportasi apa yang akan Kamu pakai. Publik atau kendaraan pribadi. Susun anggaran se-detail mungkin. Jika menggunakan transportasi publik, cek & belilah tiket jauh-jauh hari untuk pulang-pergi baik untuk sendiri ataupun dengan keluarga. Sedangkan untuk kendaraan pribadi Kamu harus mempersiapkan biaya perawatan kendaraan juga ongkos bahan bakar dan biaya tol selama perjalanan.

2. Hitung kesiapan dana

Apabila kondisi keuangan untuk mudik Kamu sangat pas-pasan, tidak perlu berkecil hati, cukup persiapkan biaya tiket pulang-pergi tanpa buah tangan pun tak masalah. Esensi pulang ke kampung halaman adalah merayakan hari kemenangan dan berkumpul bersama keluarga. Bukan selalu ajang bagi oleh-oleh atau angpao.

3. Manfaatkan tawaran diskon

Banyak perusahaan/travel agent/aplikasi transportasi yang menjadikan momen ramadan sebagai ajang diskon. Manfaatkan momen ini sebagai salah satu cara penghematan anggaran membeli tiket. 

4. Periksa promo kartu kredit
Jangan lupa mengecek apakah ada promo dari kartu kredit Kamu. Kartu kredit juga biasanya memberikan beberapa promo menarik. Berupa diskon harga, cashback, dan lain sebagainya untuk transaksi seputar kebutuhan Lebaran dan mudik. Misalnya, promo pembelian tiket pesawat atau kereta api.

Selain promo kartu kredit untuk pembelian tiket maskapai penerbangan, kamu juga bisa memanfaatkan kartu kredit untuk mendapatkan tawaran diskon harga, cashback, atau point rewards untuk transaksi lain, mulai belanja kebutuhan dapur, belanja fesyen untuk pakaian, sampai transaksi dining untuk keperluan buka puasa bersama.

5. Optimalkan transaksi nontunai

Saat ini banyak transportasi yang pembayarannya telah beralih ke nontunai. Jika di kampung halamanmu sudah ada jasa transportasi online, kamu bisa memanfaatkan salah satu dari kanal pembayaran nontunai untuk lebih menekan biaya.

Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mudik!


Foto: mitrausahancs.co.id