Setelah Pinjaman Lunas, Ini Cara Atur Keuangan Lagi

2019-07-31 11:56:30

Memiliki utang atau pinjaman yang harus dicicil memang seringkali membuat pengelolaan keuangan menjadi kacau. Apalagi jika memiliki lebih dari satu cicilan utang yang harus dibayar tiap bulannya. Sudah dipastikan cicilan pinjaman tersebut menyumbang angka terbesar dari pengeluaran kita tiap bulannya.

Namun, kalau seluruh cicilan sudah berhasil dibayar rutin hingga cicilan terakhir, akan ada perasaan lega sekaligus bingung bagaimana mengatur keuangan di bulan berikutnya agar kita tidak lagi berutang di kemudian hari?

1. Alokasikan dana darurat

Mungkin saat kamu masih memiliki cicilan utang kamu merasa sangat keteteran dalam mengatur keuangan. Boro-boro untuk menyisihkan dana darurat. Namun, setelah semuanya sudah terlunasi kamu jadi memiliki dana tersendiri yang biasanya kamu bayarkan untuk melunasi pinjaman. Nah, karena sudah tidak ada lagi yang harus kamu bayarkan lebih baik alokasikan sebagian dana tersebut untuk dana darurat. Karena siapa tahu, kedepannya kamu akan mengalami kejadian tak terduga yang membutuhkan dana tak sedikit.

2. Alokasikan dana untuk investasi

Mempersiapkan masa depan sangatlah penting. Dana pendidikan anak, kesehatan, dana pensiun, semua perlu dipersiapkan dengan saksama. Ada baiknya kamu mulai berinvestasi sedini mungkin. Setelah sebagian uangmu dialokasikan untuk dana darurat, kamu perlu menyisihkan sebagian lagi untuk dialokasikan ke dalam dana investasi masa depan. Kamu bisa menginvestasikan uangmu dalam bentuk tabungan emas, asuransi jiwa, reksadana, saham, deposito dan lain-lain.

3. Mengurangi impulse buying

Kamu mungkin tipe yang mudah tergiur saat tak sengaja melintas di sebuah pusat perbelanjaan yang menawarkan diskon besar hingga 70%. Kalau kamu tipe impulse buying lebih baik untuk mengurangi kebiasaan tersebut sedikit demi sedikit. Kamu mungkin merasa sayang kalau harus melewatkan diskon besar tersebut. Namun, kamu juga harus ingat kalau kamu sebenarnya nggak butuh barang diskon tersebut sehingga kamu harus membelinya.

4. Buat daftar belanja tiap bulan

Salah satu hal yang membuat pengeluaranmu membengkak tanpa sadar adalah karena kamu jarang mencatat daftar belanjaan yang harus kamu beli tiap bulannya. Sehingga kamu malah membeli barang-barang yang tidak terlalu penting atau kamu masih memiliki sebagian stok barang tersebut tapi kamu membelinya lagi. Dengan membuat catatan belanja bulanan, kamu akan tahu mana barang yang benar-benar dibutuhkan selama satu bulan ke depan dan mana yang belum.

5. Meski kamu kesulitan untuk mengatur pengeluaran setiap bulannya, bukan berarti kamu juga melupakan untuk bersedekah. Sisihkan sebagian uangmu untuk membantu orang-orang yang kurang beruntung. Karena dengan bersedekah kamu akan diberikan kelancaran rezeki dan juga diberikan pengganti yang lebih baik lagi oleh Tuhan. Percaya, sedekah itu tidak bakal membuat kita miskin, lho.

Itu dia beberapa tips mengatur keuangan setelah kamu selesai melunasi pinjamanmu. Kalau sudah tenang dan lega tidak punya cicilan, usahakan tidak menambah pinjaman lagi, Kalau terus berutang nanti keuanganmu tidak akan pernah stabil. Ayo lebih bijak lagi dalam mengelola keuangan!

Foto: Moneysmart.id