Syarat dan Cara Ajukan Keringanan Angsuran dari Pegadaian

2020-09-28 13:34:34

Cashcash Pro Blog – Apakah Anda tercatat nasabah PT Pegadaian (Persero)? Jika iya, ada kabar gembira buat Anda. Perusahaan gadai ini memberikan keringanan angsuran bagi nasabah yang terkena dampak pandemi virus corona (Covid-19).

Keringan yang diberikan oleh Pegadaian berupa perpanjangan jangka waktu, penundaan pembayaran angsuran hingga satu tahun, serta pembebasan denda pembayaran angsuran.

Adapun kriteria nasabah yang bisa mendapatkan keringanan dari Pegadaian adalah mereka yang memanfaatkan produk Kreasi, Kreasi Ultra Mikro, Kreasi Ekspress Loan, Kreasi Multi Guna, Arrum Mikro, Arrum Ultra Mikro, Arrum Ekspress Loan, Amanah, Rahn Tasjily Tanah memiliki usaha tapi mengalami penurunan pendapatan karena dampak Covid-19.

Buat yang ingin memperoleh keringanan dari Pegadaian, Anda harus mengajukan permohonan terlebih dahulu. Dengan permohonan itu, Pegadaian dapat mendata nasabah mana saja yang sesuai dengan kriterianya.

Persyaratan keringanan

1. Pertama, nasabah memiliki usaha/petani/nelayan yang terdampak Covid-19 dan tercatat sebagai nasabah produk Kreasi, Arrum, Amanah, Rahn Tasjily Tanah, memiliki usaha yang sedang mengalami penurunan karena pandemi Covid-19.

2. Selanjutnya, barang jaminan dan usaha masih ada atau masih dipergunakan oleh nasabah dan masih memiliki usaha meskipun sedang berhenti sementara karena pandemi Covid-19.

Cara mengajukan keringanan

Cara untuk mengajukan permohonan keringanan bagi nasabah Pegadaian antara lain:

1. Isi formulir permohonan melalui website Pegadaian yakni www.pegadaian.co.id atau datang langsung ke outlet - outlet Pegadaian terdekat.

2. Bagi nasabah yang sudah mengisi formulir permohonan keringanan kredit, selanjutya pihak Pegadaian akan melakukan penilaian kelayakan nasabah untuk memperoleh kriteria keringanan.

Apabila Anda dinyatakan layak untuk memperoleh keringanan sesuai kriteria, Pegadaian akan segera memproses kesepakatannya. 

Nah mudah kan syarat dan caranya mengajukan keringanan dari Pegadaian? Selamat mencoba.


Foto: Katadata.co.id