Tips Melindungi Aset Cryptocurrency dari Peretasan SIM Swapping

2018-11-09 11:30:58

KoinRocket - Dunia Cryptocurrency atau mata uang digital tidak luput dari tindak kejahatan siber atau peretasan melalui metode SIM swapping. Tidak sedikit pengguna yang menjadi korbannya dengan kerugian cryptocurrency mencapai puluhan juta dolar.

Salah seorang korban adalah warga California bernama Michael Terpin. Belum lama ini, peretas berhasil menggondol cryptocurrency senilai $24 juta dari akun miliknya yang terdaftar dalam sebuah bursa cryptocurrency.

Operator AT&T pun kena getahnya. Pasalnya, Terpin menuntut mereka dengan tuduhan kelalaian yang mengakibatkan peretasan. Dia menuntut membayar untuk membayar ganti rugi sebesar $224 juta dalam kasus peretasan kartu SIM miliknya.

Selama tiga bulan pertama 2018 saja, nilai pencurian cryptocurrency ditaksir mencapai $670 miliar sebagai tercantum dalam data data yang dikeluarkan oleh badan pengawas penipuan kripto Crypto Aware.

Kerugian yang diderita akibat peretesan SIM sangat besar. Namun bukan berarti Anda tidak bisa menghindarinya. Berikut adalah cara bagaimana melindungi Anda dari pencurian cryptocurrency selengkapnya menurut pakar keamanan seperti dilansir dari Livebitcoinnews:

· Gunakan jaringan dan aplikasi otentikasi alternatif seperti otentikasi Google, otentikasi Microsoft, Authy, Duo, dll.

· Jangan menyimpan cryptocurrency Anda pada setiap bursa untuk jangka waktu yang lama. Kecuali Anda akan melakukan perdagangan segera. Namun menjaganya tersimpan secara offline adalah cara paling aman.

· Hubungi operator layanan seluler Anda dan meminta perlindungan keamanan tambahan.

· Hindari memposting nomor telepon Anda secara online.

· Jangan memamerkan keuntungan cryptocurrency Anda.

Melindungi nomor ponsel sangat penting terutama Anda yang terlibat dalam dunia cryptocurrency. Pastikan Anda waspada terhadap siapa yang mengetahui nomor ponsel Anda. Jika perlu Anda melindungi nomor ponsel dengan keamanan berlapis.

Source: Livebitcoinnews.com