Tips Memilih Fintech yang Sesuai Kebutuhan Milenial

2019-11-18 15:50:25

Perusahaan teknologi finansial (fintech) terus bermunculan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat saat ini ada 144 fintech yang terdaftar, 13 fintech di antaranya sudah mengantongi status berizin.

Dalam menjalankan bisnisnya, banyak dari fintech tersebut menyasar generasi milenial. Adapun layanan yang populer di kalangan generasi ini adalah pembayaran (payment gateway), peminjaman (lending) dan investasi.

Beberapa fintech terdaftar di OJK yang menyediakan layanan pembayaran adalah OVO, Go-Pay, DANA dan lainnya. Sementara fintech yang menawarkan pinjaman online antara lain Kredivo, Doku Wallet, KoinWorks, OVO PayLater dan banyak lainnya.

Buat Anda generasi milenial yang masih pemula, berikut adalah sejumlah cara untuk memilih fintech yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan Anda agar memperoleh imbal hasil yang pasti dan memitigasi kerugian.

Simak tipsnya di sini seperti dilansir dari Kompas.com:

1. Pilih fintech terdaftar di OJK

Pertama Anda harus memilih produk teknologi finansial yang terdaftar di lembaga yang mengawasi keuangan seperti OJK. Pasalnya perusahaan yang terdaftar di otoritas memiliki sistem laporan keuangan yang terbuka.

Fintech yang terdaftar juga mendapatkan pengawasan OJK untuk melihat aliran dana perusahaan. Hal ini berguna memitigasi kerugian nasabah jika suatu saat fintech mengalami kebangkrutan.

2. Seimbangkan keuangan

Cara berikutnya adalah menyeimbangkan keuangan. Hal ini penting dilakukan untuk mencapai arus keuangan yang sehat. Untuk diinget, fintech merupakan sarana untuk merealisasikan hal tersebut, namun Andalah yang menentukan tujuan keuangan Anda.

Jangan malah kehadiran fintech malah mengganggu rencana keuangan yang sudah Anda buat sebelumnya. Dalam mengatur arus keuangan, pastikan Anda sudah memiliki alokasi dana untuk kebutuhan tetap.

Kebutuhan tetap mencakup nominal yang harus Anda keluarkan yang masuk dalam kebutuhan primer seperti biaya tempat tinggal, makanan dan transportasi.

Di samping itu, Anda juga bisa memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan oleh berbagai fintech. Dengan cara ini, maka arus keuangan Anda bisa menjaga kebutuhan tetap Anda.

3. Investasi

Semua orang pasti memiliki tujuan keuangan khususnya untuk rencana jangka panjang, seperti mengalokasi dana untuk DP rumah. Untuk hal tersebut, investasi adalah cara tepat yang bisa Anda lakukan.

Namun, hal yang harus dipertimbangkan adalah imbal hasil yang jelas saat memilih produk investasi. Pilihlah investasi yang tahan akan inflasi dan mampu mempertahankan nilai investasi dalam jangka waktu yang sesuai kebutuhan Anda.


Foto: Ilmukomputer.grid.id