Tips Menabung dalam Seminggu

2019-12-19 12:47:04

Hari ke-1: Ketahui kebiasaan burukmu

Hari pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengetahui kebiasaan burukmu menghabiskan uang, seperti apakah kamu doyan jajan atau mungkin kamu termasuk orang yang “lapar mata” saat belanja.

Dengan mengetahui kebiasaan buruk yang menjadi penyebab keuanganmu tidak stabil, maka kamu bisa mulai mencari solusinya.

Hari ke-2: Merekap pengeluaranmu di bulan terakhir

Gak sedikit orang yang tidak memiliki catatan pemasukan dan pengeluaran setiap bulan. Jadi gak heran kalau mereka gak tahu kemana duitnya pergi. Tiba-tiba udah habis aja bahkan sebelum akhir bulan.

Untuk gak mengalami hal itu terus menerus, kamu perlu mencatat pengeluaran secara detail. Dan untuk memulainya, luangkan waktumu beberapa saat untuk merekap pengeluaranmu di bulan terakhir.

Hari ke-3: Menekan biaya

Pernah gak sih kamu menyadari kalau setiap bulannya kamu mengeluarkan uang untuk hal yang gak benar-benar dibutuhin? Parahnya lagi, bahkan pengeluaran itu gak kecil jumlahnya.

Kamu bisa lho menekan biaya dari hal-hal kecil. Misalnya, kamu berlangganan TV kabel padahal kenyataannya kamu jarang menonton TV. Kalau seperti itu lebih baik hentikan biaya langganan secepat mungkin.

Hari ke-4: Ubah kebiasaanmu

Tips menabung selanjutnya adalah dengan mencari tahu apa yang jadi pengeluaran rutinmu atau kebiasaanmu yang tanpa disadari bikin kantong jebol.

Misalnya, kamu pecinta kopi yang setiap hari harus membeli segelas kopi hangat di kafe langganan. Tapi sadarkah kamu berapa banyak uang yang sudah habiskan buat itu?

Hari ke-5: Tetap konsisten

Bisa dibilang menabung itu seperti maraton. Garis finish-nya terlihat jauh sampai kamu tergoda berhenti di tengah jalan karena lelah. Tapi jika sudah melewati garis finish, rasanya pasti senang banget.

Karena itu, kamu harus konsisten setiap hari menabung dengan nominal yang sama. Gak usah terlalu besar, berawal dari jumlah yang kecil gak masalah kok asalkan konsisten. Syukur-syukur ada uang lebih, jadi bisa menabung lebih besar.

Hari ke-6: Tahan godaan

Setelah selama beberapa hari ekstra ngirit, terkadang kamu pengin melakukan hal yang bisa menguras isi dompet, misalnya nongkrong di mall bareng teman-teman.

Tapi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, terkadang diperlukan pengorbanan lebih. Salah satunya ya memotong pengeluaran untuk bersenang-senang.

Hari ke-7: Hitung hasilnya

Yeay! Udah seminggu menabung dan ekstra ikat pinggang. Waktunya menghitung hasil yang didapatkan. Kamu juga boleh lho memberikan penghargaan buat dirimu sendiri karena udah berhasil menahan diri selama satu minggu.

Misalnya dengan membeli makanan di restoran favoritmu atau sekedar menyeruput segelas kopi hangat kesukaanmu.


Foto: Istimewa