Trik Mengatur Kredit Agar Tetap Lancar dan Bebas Masalah

2019-07-02 17:49:14

Memiliki sejumlah kredit di dalam keuangan merupakan hal yang wajar. Pada umumnya kredit ini muncul akibat adanya sejumlah pembelian dalam bentuk cicilan yang Anda lakukan, terutama ketika Anda membeli sesuatu yang harganya cukup mahal.

Ada banyak alasan mengapa seseorang mengajukan pembelian kredit dan menimbulkan sejumlah cicilan di dalam keuangannya. Namun apapun itu, keputusan untuk memiliki cicilan seperti ini tentu harus selalu dilakukan dengan penuh pertimbangan.

Jangan sampai niat memenuhi kebutuhan keluarga, justru berakhir dengan sejumlah masalah lainnya di dalam keuangan Anda. Bukannya mendapatkan manfaat maksimal atas kredit tersebut, yang ada justru mengalami kesulitan yang serius di dalam keuangan. Hindari berbagai masalah keuangan ini dengan cara yang tepat, yakni dengan menerapkan cara-cara terbaik sejak awal.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan, agar cicilan bisa berjalan lancar dan tidak menjadi masalah di dalam keuangan:

1. Pahami syarat dan ketentuan
Ketika berniat untuk mengajukan pembelian kredit, Anda perlu memahami dengan baik semua ketentuan terkait dengan kredit yang akan Anda ajukan. Bacalah semua syarat yang diterapkan oleh pihak penyedia kredit secara detail, jika perlu Anda bahkan bisa menanyakan informasi lainnya terkait dengan hal tersebut kepada staf mereka.

Hal ini penting, untuk mencegah terjadinya kesalah pahaman dan masalah lainnya di kemudian hari. Informasi yang lengkap dan akurat seperti ini akan membuat Anda lebih mudah untuk mengambil keputusan dan menghindari berbagai kesalahan dalam memilih kredit yang akan Anda ajukan.

2. Lihat kondisi keuangan

Pembelian kredit akan menimbulkan sejumlah cicilan di dalam keuangan Anda, sehingga sangat penting untuk melihat terlebih dahulu kondisi keuangan Anda tersebut. Jika kondisi keuangan berjalan dengan sehat dan lancar, maka kredit ini tentu bisa berjalan dengan aman.

Namun sebaliknya, jika ternyata kondisi keuangan memang sedang bermasalah, maka bukan tidak mungkin pengajuan kredit seperti ini akan menambah masalah yang lebih berat di dalam keuangan. Pastikan kondisi keuangan dalam keadaan baik saat akan mengajukan kredit.

3. Sesuaikan dengan kemampuan bayar

Jika telah memutuskan untuk mengajukan kredit, maka pastikan Anda mengambil sejumlah cicilan yang sesuai dengan kemampuan keuangan. Hal ini penting, untuk menghindari berbagai masalah di kemudian hari atau bahkan kondisi gagal bayar di dalam cicilan.

Mengambil cicilan yang terlalu rendah akan membuat Anda harus membayar sejumlah bunga cicilan yang besar, sebab cicilan ini akan berlangsung lama dan menjadi beban di dalam keuangan dalam kurun waktu yang panjang. Di lain sisi, jika mengambil cicilan yang terlalu tinggi, maka hal ini juga beresiko membuat Anda kesulitan untuk melakukan pembayaran setiap bulannya.

Hindari berbagai masalah seperti ini sejak awal dengan cara yang tepat, yakni dengan melakukan perhitungan dan menyesuaikan besaran cicilan Anda dengan kemampuan keuangan yang Anda miliki.

4. Hindari biaya denda yang lainnya

Pastikan juga selalu melakukan pembayaran dengan disiplin dan tepat waktu. Hal ini akan menghindarkan Anda dari berbagai biaya denda dan yang lainnya, sehingga tak perlu membayar lebih. Selain itu, riwayat kredit juga akan menjadi baik jika selalu membayar cicilan tepat waktu.

5. Kelola keuangan dengan ketat dan hemat

Cicilan akan menjadi beban di dalam keuangan untuk jangka waktu yang panjang dan harus mencermati ini dengan baik sejak awal. Selalu kelola keuangan dengan ketat dan lakukan penghematan di dalam keuangan, agar keuangan tetap berjalan dengan baik dan lancar, meskipun memiliki sejumlah cicilan di dalamnya.

Ajukan dengan Pertimbangan dan Perhitungan yang Tepat

Mengajukan cicilan merupakan hal yang lazim di dalam keuangan, terutama untuk pembelian yang membutuhkan dana besar. Pastikan selalu melakukan hal ini dengan pertimbangan dan perhitungan yang matang terlebih dahulu, agar tidak menjadi masalah di dalam keuangan. Selain itu, lakukan berbagai cara yang tepat sejak awal, agar cicilan tersebut bisa berjalan lancar dan terlunasi tepat waktu.


Foto: Shutterstock